Keren Nih! Ada Sekolah Lansia di Kota Padang

Sekolah lansia saat ini baru satu di Nanggalo, pihaknya menargetkan terbentuk satu sekolah lansia masing-masing kabupaten kota di Sumbar.

Sosialisasi sekolah lansia di Padang. (dok. Diskominfotik Padang)

Sosialisasi sekolah lansia di Padang. (dok. Diskominfotik Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumatera Barat (Sumbar) menghadirkan sekolah lansia pertama di Sumbar di Nanggalo, Kota Padang.

Ketua Tim Pokja Bina Keluarga Lansia (BKL) BKKBN Sumbar Dedy Agustanto menyebut yang tergolong lansia apabila sudah berusia 60 tahun ke atas.

“Bertambahnya lansia di Sumbar merupakan tantangan, untuk mewujudkan lansia tangguh, lansia dirawat mewujudkan Indonesia bermartabat butuh sekolah lansia,” katanya, Selasa (20/6/2023)

Ia mengatakan, sekolah lansia saat ini baru satu di Nanggalo, Kota Padang. Pihaknya menargetkan terbentuk satu sekolah lansia masing-masing kabupaten kota di Sumbar.

Menurutnya, lansia yang bisa mengikuti sekolah lansia ini lansia yang sehat dan mampu beraktivitas selama sekolah.

Sementara materi kurikulum pada sekolah lansia ini nanti disesuaikan oleh Pokja BKL, misalnya keterampilan membuat kambuik dan tahapan pembelajaran sampai 12 kali pertemuan.

Di akhir materi diberikan apresiasi seperti diwisudahkan, untuk membahagiakan lansia. “Pembentukan sekolah lansia ini bisa juga bekerja sama dengan dinas sosial maupun pemerintah daerah,” katanya.

Ia juga mengingatkan agar keluarga yang merawat lansia untuk mengunakan aplikas GO LANTANG. Aplikasi ini digunakan untuk lansia dan keluarga lansia dalam mewujudkan lansia tangguh dan berkualitas. (rdr/MC Padang)

Exit mobile version