Cara Rutan Padang Peringati Hari Lansia Nasional

Pelaksanaan perawatan kesehatan di Rutan, mencakup seluruh WBP tanpa terkecuali termasuk pada golongan lansia.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Padang punya cara tersendiri dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia (Lansia) Nasional.

Kepala Rutan Kelas IIB Padang, Muhammad Mehdi mengatakan, pihaknya melakukan kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Lansia memperingati Hari Kesehatan Lansia Nasional pada 29 Mei 2023 lalu.

“Meskipun, pada dasarnya kegiatan ini merupakan kegiatan rutin bulanan yang dilaksanakan oleh petugas kesehatan Rutan Padang pada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berusia lanjut,” kata Mehdi via keterangan tertulis.

Pelaksanaan perawatan kesehatan di Rutan, katanya, mencakup seluruh WBP tanpa terkecuali termasuk pada golongan lansia.

WBP yang berada pada golongan lanjut merupakan salah satu kelompok beresiko dari segi kesehatan karena telah mulainya terjadi penurunan fungsi organ sehingga rentan terkena berbagai penyakit baik menular ataupun tidak.

“Untuk itu, kami melaksanakan program Posyandu Lansia guna memantau dan meningkatkan kualitas kesehatan lansia,” katanya.

Kegiatan posyandu lansia yang dilakukan Rutan Kelas IIB Padang terdiri dari pendataan dan anamnesis.

Kemudian, engukuran berat badan, tekanan darah, pemeriksaan penunjang sederhana, seperti pengukuran gula darah, konsultasi dengan dokter dan pemberian obat-obatan jika diperlukan.

Tidak lupa juga terdapat penyuluhan kesehatan oleh dokter Rutan Padang guna meningkatkan pengetahuan lansia mengenai penyakit yang rentan dialami.

“Melalui (kegiatan) ini, dapat meningkatkan kesadaran lansia dalam menjaga kesehatannya dan meningkatkan kualitas kesehatan WBP Rutan Kelas IIB Padang secara umum,” tuturnya. (rdr-008)

Exit mobile version