Warga RT 07 Kompleks PSG Goro Bersihkan Drainase, Desriandi: Ini Tanggung Jawab Bersama

Kegiatan gotong royong, selain kita berolahraga mengeluarkan keringat, juga baik untuk kesehatan kita

Warga Kompleks Permata Surau Gadang (PSG) RT 07/01 Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang mengadakan kegiatan gotong royong, Minggu (25/6/2023) (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Warga Kompleks Permata Surau Gadang (PSG) RT 07/01 Kelurahan Surau Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang, kembali melakukan gotong royong. Minggu (25/6/2023) pagi, terlihat Ketua dan Sekretaris RT 07, sudah mulai menghimpun warga.

Goro itu memang terjadwal setiap minggu, sebab di awal pekan pengurus RT sudah melayangkan pengumuman kegiatan goro di grup WhatsApp.

“Kegiatan gotong royong, selain kita berolahraga mengeluarkan keringat, juga baik untuk kesehatan kita. Selain itu, goro juga sebagai wujud tanggung jawab kita sebagai bagian dari masyarakat, dalam membersihkan dan menata setiap sudut kompleks PSG,“ ujar Ketua RT 07, Desriandi.

Menurut mantan Kasubbag Penilaian Kinerja Kanwil DJPb Sumbar itu, menjaga kebersihan drainase, misalnya, bukan hanya urusan sendiri, namun tanggung jawab bersama.

“Kita akan selalu mengimbau dan mengajak warga untuk menjaga kebersihan yang ada di sekitar rumah mereka, dan lingkungan kompleks PSG,” ujar mantan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sungai Penuh, Jambi ini.

Sementara itu, Sekretaris RT 07 Fitra Mulia menambahkan, tidak hanya drainase yang diperhatikan, namun beberapa titik lainnya yang diperkirakan menjadi penyebab terjadinya banjir. Salah satunya kebersihan irigasi dan area sekitar irigasi sawah yang berada di sekeliling kompleks juga harus diperhatikan.

“Seperti diketahui bersama, banjir kiriman beserta sampah yang dibawa aliran irigasi sawah, sudah menjadi langganan masalah di kompleks PSG ini. Jalan aspal sudah rusak. Jadi memang butuh tenaga ekstra warga untuk membersihkan setiap akhir pekan. Apalagi PSG berdampingan dengan Kompleks Indah Pratama I,” ujar Fitra Mulia.

Terkait goro hari ini, Fitra Mulia merasa puas karena cukup banyak warga yang hadir dan ikut bergoro. Program goro yang rutin diadakan minimal 2x sebulan itu, sekaligus membersihkan sarana Musala Ali Bin Said Kompleks Permata Surga. “Hari ini dari 100 KK, hadir sekitar 45 kepala keluarga, dan juga Bhabin Kamtibmas Aipda Hendri Hartono,“ ujarnya. (rdr)

Exit mobile version