ASN Kemenag Sumbar Berkurban 16 Sapi, Kakanwil: Mudah-mudahan Ibadahnya Diterima Allah

Sebagai ASN Kementerian Agama, kita dibertanggungjawab untuk meningkatkan taraf kehidupan beragama masyarakat

Suasana penyembelihan hewan kurban yang dilakukan jajaran Kanwil Kemenag Sumbar. (Foto: Humas Kemenag Sumbar)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Hari Raya Iduladha menjadi momentum bagi jajaran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat untuk berkurban. Proses penyembelihan hewan kurban itu dilaksanakan, Jumat (30/6/2023) bertepatan 11 Zulhijjah 1444 H.

Sebelum penyembelihan, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar Helmi didampingi Ketua DWP Nazifah Helmi memberikan arahan dan membuka proses penyembelihan sekaligus ikut melakukan penyembelihan sapi kurban.

Turut hadir Kepala Bagian Tata Usaha Miswan, Kepala Bidang Urais Edison, Kepala Bidang Penaiszawa Yufrizal, Ketua Tim Kerja dan ASN dilingkungan Kanwil. Tahun ini jajaran ASN Kemenag Sumbar berhasil kumpulkan 16 ekor hewan kurban.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil menyampaikan kepada jajarannya Kementerian Agama secara kelembagaan bertanggungjawab meningkatkan kualitas kehidupan beragama masyarakat.

“Sebagai ASN Kementerian Agama, kita dibertanggungjawab untuk meningkatkan taraf kehidupan beragama masyarakat. Secara kelembagaan kita yang paling bertanggungjawab, terutama meningkatkan kualitas dan pengamalan ajaran agama,” ungkap Kakanwil.

Hal ini, lanjut Kakanwil seiring dengan visi misi, kode etik dan kode prilaku ASN, diantaranya keteladanan. ASN Kementerian Agama harus menjadi teladan dalam pelaksanaan ajaran agama tak terkecuali dalam ibadah kurban.

Dengan berkurban sambung putra Bungus ini, ASN sudah menjadi teladan di tengah-tengah masyarakat. Karena dengan berkurban kita sudah memberikan contoh yang baik, maka berkurban termasuk sikap teladan ASN.

“Alhamdulillah tahun ini sudah kita tunjukkan, ASN Kementerian Agama sudah melaksanakan kurban. Baik di Kanwil, Kemenag kabupaten kota, dan jajaran madrasah serta KUA,” ungkap Kakanwil.

Kepada ASN yang sudah ikut berkurban, Kakanwil mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan ibadah kurbannya diterima Allah SWT. “Bagi yang belum sempat (berkurban) tahun ini, mari bertekad tahun depan kita juga sebagai peserta kurban,” imbau Kakanwil.

Sementara itu, Kepala Bidang Urais sekaligus Ketua Panitia, Edison mengatakan, tahun ini ada 16 ekor hewan kurban dari ASN Kemenag Sumbar. Lima diantaranya dari ASN Kanwil ditambah satu dari BSI. Enam ekor sapi ini disembelih di Kanwil.

“Selain enam hewan kurban yang disembelih, ada 10 ekor sapi dari Kepala Madrasah Aliyah yang disebar ke kabupaten kota di Sumatera Barat. Satu diantaranya diserahkan ke masyarakat sekitar Asrama Haji Batang Anai,” jelas Edison.

Dari enam yang kita sembelih di Kanwil, ada 410 kupon daging kurban yang dibagikan kepada ASN, masyarakat sekitar Kanwil dan beberapa panti asuhan di Kota Padang.

“Awalnya kita siapkan 350 kupon namun karena daging kurban cukup banyak, kita berhasil menyerahkan 410 paket, termasuk untuk panti asuhan,” kata Edison.

Berbeda dengan tahun sebelumnya untuk petugas penyembelihan pihak panitia mendatangkan dari rumah potong hewan yang ada di Kota Padang dibantu panitia dan peserta kurban. (rdr)

Exit mobile version