Sekjen PDIP Sebut Pemimpin Bangsa Visioner Banyak Lahir dari Sumbar

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto memuji Sumatera Barat (Sumbar) saat berkunjung ke Kota Padang.

Ia mengatakan, banyak pemimpin hebat dan visioner yang lahir dari Sumbar. Mereka memiliki pengaruh yang besar dan menjadi pelopor.

“Jika berbicara visi Indonesia Emas 2045, jangan lupakan Muhammad Yamin yang berasal dari Sumbar sudah lebih dahulu melakukannya, lebih dari 600 dokter pernah berada di bawah beliau,” katanya, Rabu (5/7/2023) pagi.

Bahkan, katanya, PDIP selalu melakukan kegiatan bertajuk Pekan Bung Hatta yang digelar setiap hari Kamis.

“Ranah Minang itu tidak pernah kekurangan pemimpin yang menjadi pelopor, meski dari jumlah penduduk itu tidak banyak,” katanya.

Namun demikian, Hasto juga tidak menampik bahwa saat ini kualitas kepemimpinan di Sumbar sedikit berkurang.

Menurutnya, intelectual leadership sangat diperlukan dalam menentukan arah kepemimpinan ke depan.

“Intelectual leadership membuat negara punya cita-cita masa depan. Salah satu caranya adalah dengan membaca buku, maka kita punya arah masa depan dan itu penting bagi keberlangsungan sebuah bangsa,” katanya.

Selain itu, katanya, dia menyebut Indonesia bukan negara daratan, melainkan negara maritim dan kepulauan terbesar di dunia.

“Masa depan Indonesia itu ada di lautan, kita bukan negara daratan. Jalan kemakmuran kita berada di luar. Jalan kemajuan itu adalah dengan menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, riset dan inovasi,” tuturnya. (rdr-008)

Exit mobile version