Melawan saat Ditangkap, Pelaku Pencurian di Padang  Ditembak Tim Phyton

Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa satu unit TV LED, sebilah parang panjang dengan panjang lebih kurang 50 cm dan sebuah linggis dengan panjang 60 cm.

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Seorang pelaku pencurian yang beraksi di kawasan Tanjung Saba, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang ditembak Tim Phyton Polsek Lubuk Begalung, Sabtu (8/7/2023) di rumahnya kawasan Banuaran saat penangkapan.

Informasi yang dihimpun Radarsumbar.com, penangkapan terhadap pelaku bernama Januardi alias Abak Meme (34) bermula dari aksi pencuriannya di sebuah rumah kawasan Tanjung Saba pada 3 Juli 2023 lalu. Pelaku berhasil menggondol barang elektronik dari rumah korban.

Berdasarkan Laporan Polisi No: LP/B/43/VII/2023/Reskrim/Polsek Lubuk Begalung/Polresta Padang/Polda Sumbar, Tim Phyton langsung melakukan penelusuran di lapangan, juga memeriksa sejumlah saksi-saksi.

Dari penelusuran tersebut, Tim Phyton pun mendapatkan identitas pelaku. “Tim di lapangan mendapatkan keterangan jelas terkait identitas pelaku. Dan mengarah ke Abak Meme ini,” ujar Kapolsek Lubuk Begalung, Kompol M. Rosidi, Sabtu malam.

Saat penangkapan, kata Kapolsek, pelaku ini berusaha melarikan diri dan melawan Bripka Albert F yang mengamankannya. Akhirnya, petugas terpaksa mengeluarkan tembakan ke kaki kanan dan mengenai bagian paha atas.

“Tim kita terpaksa melumpuhkan pelaku ini dengan timah panas karena juga memiliki senjata tajam berupa parang,” jelas Kapolsek.

Usai dilumpuhkan, pelaku langsung dilarikan ke RS Bhayangkara Polda Sumbar untuk perawatan. Dari tangan pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa satu unit TV LED, sebilah parang panjang dengan panjang lebih kurang 50 cm dan sebuah linggis dengan panjang 60 cm.

Pelaku ini melakukan pencurian pada sore hari dan masuk ke rumah dari jendela dengan cara mencongkel dengan menggunakan linggis. “ Dia terancam Pasal 363 jo 362 KUHPidana dengan ancaman diatas lima tahun penjara,” tutupnya. (rdr-007)

Exit mobile version