Hadapi Dampak El Nino terhadap Produksi Pertanian, Ini yang Dilakukan Distan Padang

Plt Kepala Dinas Pertanian Kota Padang, Yoice Yuliani. (Foto: Diskominfo Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Menghadapi dampak El Nino, Dinas Pertanian (Distan) Kota Padang tengah menyiapkan strategi dan antisipasi. Hal tersebut perlu dilakukan karena dikhawatirkan akan berdampak pada hasil produksi padi dan tanaman.

Plt Kepala Dinas Pertanian, Yoice Yuliani menyebut pihaknya sudah melakukan penyuluhan kepada masyarakat dan petani agar bersiap menghadapi fenomena El Nino.

“Kita mengajak kepada masyarakat dan petani untuk lebih rutin dan sering melakukan pengamatan terhadap hama penyakit tumbuhan,” terang Yoice, Selasa (11/7/2023).

Dikatakannya, di musim panas ini rentan terjadi hama penyakit pada tanaman. Sehingga perlu dilakukan pengamatan yang intensif terhadap tanaman.

“Di samping itu juga terkait masalah irigasi, tentunya diharapkan bagi para petani untuk mempunyai penampungan air agar ketersediaan cadangan air berguna untuk melakukan budidaya tanaman,” jelas Yoice.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat dan petani untuk dapat mengontrol penggunaan air di tengah fenomena elnino.

“Tujuan dari mengontrol air ini agar nantinya penggunaan air dapat tercukupi nantinya,” tutupnya. (rdr)

Exit mobile version