Atasi Genangan Air saat Hujan, Pemko Padang Pasang 120 Lubang Biopori

Pemasangan lubang biopori untuk mengatasi banjir. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Untuk mengatasi banjir dan genangan air kedepannya, Markas Komando (Mako) Satuan Polisi Pamong Praja (Sapol PP) Padang, pasang lubang Biopori. Pembuatan 120 buah lubang biopori tersebut merupakan bantuan dari Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang.

Bantuan lubang biopori tersebut langsung diterima oleh Plh Sekda Kota Padang, Arfian, didampingi Kasat Pol PP Kota Padang, Mursalim dan Kepala Dinas PUPR, Ir. Tri Hardianto, di Mako Satpol PP Kota Padang, Selasa (18/7/2023).

“Alhamdulillah kita dapat bantuan dari Balai Wilayah Sungai Sumatera V, berupa Biopori sebanyak 120 buah biopori, yang hari ini kita pasangkan di Satpol PP, yang mana salah satu kegunaannya mengatasi banjir,” ujar PLH Sekda Kota Padang Arfian.

Dijelaskan Arfian, Pemerintah Kota Padang akan berkoordinasi lebih lanjut dengan Balai Wilayah sungai untuk pemasangan Biopori di seluruh wilayah Kota Padang, karena sangat bagus untuk mengantisipasi genang air saat hujan lebat terjadi di Kota Padang.

“Kita akan berkoordinasi dengan Balai Wilayah Sungai untuk bisa di pasangkan di seluruh wilayah Kota Padang, karena Biopori ini sangat bagus untuk serapan air jika hujan lebat terjadi, maka tidak akan ada genang air,” jelasnya.

Ia mengatakan, juga berencana akan memasangkan Biopori tersebut di lapangan Balaikota Bagindo Aziz Chan Air Pacah.

Sementara itu, Mursalim Kasat Pol PP Kota Padang mengucapkan terima kasih banyak kepada Plh Sekda Kota Padang, Arfian yang telah berupaya mengatasi banjir di Mako Satpol PP Kota Padang.

“Kami jajaran Satpol PP sangat berterimakasih kepada bapak Plh Sekda yang sudah pasangkan Biopori di Mako Satpol PP, semoga dengan adanya serapan di mako Satpol PP tidak ada lagi genangan air saat hujan tiba,” harapnya. (rdr)

Exit mobile version