Curi Tembaga dari Pabrik Semen Padang, Sopir Truk Diuber Satpam hingga Sitinjau Lauik

Pada saat itu juga sang sopir langsung melarikan mobilnya ke arah Pos 1 dan menabrak portal

Satpam Semen Padang akhirnya menangkap sopir truk yang membawa kabur tembaga dari pabrik. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Aksi kejar-kejaran bak film action antara petugas satpam PT Semen Padang dengan seorang pria diduga pelaku pencurian terjadi Minggu (23/7/2023).

Aksi tersebut terhenti setelah si pencuri menabrak sejumlah kendaraan di kawasan Panorama II Sitinjau Lauik, Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubukkilangan, Kota Padang. Satu dari tiga pelaku berhasil diamankan polisi.

“Menurut keterangan sekuriti kepada kami, ketika truk melewati pemeriksaan, sang sopir langsung tancap gas. Di sanalah kemudian terjadi aksi kejar-kejaran,” tutur Kapolsek Lubukkilangan, Kompol Lija Nesmon, Minggu (23/7/2023) sore.

Aksi kejar-kejaran berlanjut hingga ke kawasan Panorama II Sitinjau Lauik. Truk melaju tanpa menghiraukan kondisi kendaraan di depannya. Akibatnya truk menabrak sejumlah kendaraan yang datang dari arah berlawanan.

“Sopir truk kemudian membanting stir ke kanan dan menabrak dinding bukit. Sopir berhasil ditangkap,” ujarnya.

Saat ini kata Lija, barang bukti tembaga dan satu pelaku diamankan ke Polsek Lubukkilangan. “Pelaku dirujuk ke rumah sakit terdekat, karena mengalami luka-luka usai dimassa pengendara,” tuturnya.

Kronologi Pencurian

Terpisah, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang, Nur Anita Rahmawati menjelaskan peristiwa pencurian itu bermula saat truk orange BA 9182 QO keluar melewati timbangan di samping posko 1 pada Minggu (23/7/2023) sekitar pukul 09.00 WIB.

Pada saat keluar dari area pabrik, kata Anita, seperti biasa truk diperiksa oleh petugas keamanan. Saat diperiksa 2 orang pelaku melompat keluar melalui pintu kiri dan diperkirakan lari ke arah selokan Igasar.

“Pada saat itu juga sang sopir langsung melarikan mobilnya ke arah Pos 1 dan menabrak portal serta kanopi Pos 1 hingga roboh,” terang Anita kepada Radarsumbar.com.

Melihat kejadian tersebut, Chief Pengamanan Semen Padang, Jamaris langsung mengejar truk yang diikuti oleh mobil patroli dan beberapa orang anggota satpam. Aksi kejar-kejaran pun terjadi antara sopir truk dengan petugas satpam PT Semen Padang hingga ke kawasan Panorama II Sitinjau Lauik.

“Dalam truk ditemukan BB tembaga seberat 130 kg,” tutup Anita. (rdr)

Exit mobile version