1 Gardu dan 2 Tiang Listrik Terdampak Pohon Tumbang di Jati Padang, Ini yang Dilakukan PLN

Petugas TRC BPBD Padang membersihkan pohon tumbang di kawasan Jati. (Foto: Dok. Muhammad Aidil)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Perusahaan Listrik Negara (PLN) mengalihkan beban daya listrik pasca pohon tumbang yang terjadi di kawasan Jati, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Peristiwa tersebut diketahui terjadi pada Minggu (23/7/2023) sore sekitar pukul 14.30 WIB.

Hal tersebut disampaikan oleh Manajer Komunikasi dan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumbar, Yenti Elfina.

“Jadi yang terdampak di Jati itu dua tiang listrik dan satu gardu,” kata Yenti kepada Radarsumbar.com via seluler.

Kerusakan pada satu unit gardu di Jati ini kata Yanti berimbas kepada 15 gardu lainnya yang saling terkait.

Untuk kembali menyalakan listrik di lokasi terdampak, kata Yenti, pihaknya mengalihkan beban daya listrik ke arus atau gardu listrik yang tidak terdampak.

“Jadi dilakukan semacam manuver listrik agar masyarakat di lokasi kejadian tak terlalu terdampak,” katanya.

Yenti mengatakan, pihaknya mengerahkan sebanyak 15 tim dari PLN dan mitra untuk kembali melakukan normalisasi listrik.

“Memang ini sedikit memakan waktu, paling lambat malam hari (listrik) sudah bisa menyala lagi,” imbuhnya.

Pascabadai melanda Kota Padang, PLN mengimbau agar masyarakat menggunakan PLN Mobile untuk melaporkan jikalau ada gangguan kelistrikan yang diakibatkan dampak dari hujan deras dan angin kencang.

Sebagaimana diketahui, pohon yang tumbang di Jati, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang, Sumbar pada Minggu (23/7/2023) sore membuat tiang listrik ikut jatuh hingga membuat listrik padam.

Salah satu warga, Tuti mengaku pohon tumbang tersebut terdengar seperti dentuman yang cukup keras seperti tabrakan kendaraan.

“Saya kebetulan di rumah, duduk di teras, terdengar seperti dentuman, saya fikir tadinya kecelakaan,” katanya saat ditemui Radarsumbar.com di lokasi kejadian.

Selain pohon tumbang, kata Tuti, listrik di kawasannya ikut padam. Ia mengatakan, pohon tumbang langsung menghantam trafo atau induk listrik.

Pantauan Radarsumbar.com, petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang dan PLN sudah berada di lokasi kejadian.

“Petugas sudah di TKP,” tulis akun Pusdalops PB via grup percakapan WhatsApp. (rdr-008)

Exit mobile version