Pohon Tumbang Hambat Aliran Sungai di Padang, BPBD Lakukan Ini

Aliran air dari sungai bisa terhambat dan meluap ketika intensitas hujan meningkat.

Pohon tumbang menghambat aliran sungai di kawasan Tanah Sirah, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang. (Foto: Dok. Pusdalops PB)

Pohon tumbang menghambat aliran sungai di kawasan Tanah Sirah, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang. (Foto: Dok. Pusdalops PB)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pohon tumbang menghambat aliran sungai yang berada di kawasan Tanah Sirah, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Kejadian tersebut diketahui dan dilaporkan ke Pusat Kendali Operasi dan Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) pada Jumat (28/7/2023) sore pukul 15.30 WIB.

“Pohon tumbang ini menghambat aliran sungai,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Kabid KL) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Al Banna.

Untuk mengatasinya, kata Al Banna, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Padang telah diterjunkan untuk evakuasi dan pembersihan pohon tumbang yang menghambat aliran sungai itu.

“Aliran air dari sungai bisa terhambat dan meluap ketika intensitas hujan meningkat,” ujarnya.

Pohon tersebut, katanya, tumbang lantaran hujan dan angin kencang yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Pohon itu berjenis Kalapuk dengan tinggi 20 meter dan diameter 20 sentimeter,” tuturnya.

Saat ini, pohon berukuran tersebut telah dibersihkan dan dievakuasi petugas dari sungai agar tak menghambat aliran air. (rdr)

Exit mobile version