Hujan Deras di Padang Akibatkan Pohon Tumbang dan Tiang Listrik Patah

Pohon tumbang di sejumlah titik Kota Padang. (Foto: Dok. Pusdalops PB)

Pohon tumbang di sejumlah titik Kota Padang. (Foto: Dok. Pusdalops PB)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Hujan deras melanda Kota Padang dan sekitarnya pada Senin (14/8/2023) pagi. Masyarakat diminta waspada terhadap pohon tumbang.

Dari data Pusat Kendali Operasi dan Penanggulangan Bencana (Pusdalos PB), sejumlah pohon tumbang tersebar di berbagai titik.

Di antaranya, di Jalan Situjuh, Kelurahan Jati Baru, Kecamatan Padang Timur, Kompleks GOR Haji Agus Salim, Kecamatan Padang Barat, Mata Air, Kecamatan Padang Selatan dan Simpang Lubeg, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

“Sejumlah pohon tumbang ini sudah kami terima laporannya dan dalam proses pengerjaan pemotongan satu per satu,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Kabid KL) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Al Banna.

Al Banna meminta masyarakat untuk terus waspada terhadap segala kemungkinan yang terjadi, terutama bagi pengguna jalan raya dan masyarakat yang tinggal di sekitar pohon tua berukuran besar.

“Segera laporkan kepada kami jika ada pohon tumbang, longsor dan banjir. Masyarakat juga bisa menghubungi petugas via layanan Padang Command Center 112,” katanya.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan hujan sedang hingga deras disertai petir atau kilat dan angin kencang masih terjadi hingga pukul 13.00 WIB.

Sejumlah kawasan terdampak di antaranya Kota Padang, Kabupaten Solok dan Pesisir Selatan (Pessel).

Selain pohon tumbang, salah satu tiang listrik atau penerangan juga dilaporkan patah dan menutup akses Jalan Samudera, Pantai Padang, Kecamatan Padang Barat.

Lokasi tiang listrik patah itu berada tak jauh dari Dinas Kebudayaan (Disbud) Sumbar. (rdr-008)

Exit mobile version