Menperin Apresiasi Unand Berhasil jadi Pemenang Pengadaan Tinta Pemilu 2024

Menteri Perindustrian Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita saat berkunjung ke Unand, Senin (4/9/2023). (Foto: Dok. MC Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memberikan kuliah umum di hadapan Rektor dan civitas akademika Universitas Andalas (Unand) Padang pada Senin (4/9/2023) Gedung Convention Hall Kampus Limau Manis.

Menperin menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran Unand tentang keberhasilan memenangkan pengadaan logistik tinta dalam rangka Pemilu 2024 mendatang.

“Saya senang mendengar Universitas Andalas berhasil mengembangkan hasil riset kampusnya yang merupakan hasil besar yang digunakan secara nasional,” ungkapnya.

Ia menjelaskan kehadirannya ke Universitas Andalas dalam rangka menyampaikan kuliah umum yang bertajuk “Peningkatan Indeks Kepercayaan Industri (IKI) melalui Pengembangan SDM Industri : SDM Industri Berkualitas, IKI Meningkat” .

“Ini merupakan bahagian kunjungan kerja ke berbagai kampus di Indonesia untuk memberikan pemahaman bahwa tidak ada negara yang kuat yang memakan negara yang lemah akan tetapi yang ada hanyalah negara yang cepat bersaing memakan negara yang lemah bersaing,” tuturnya.

Disampaikannya, Indonesia akan berhasil menjadi negara industri besar apabila menerapkan tiga hal pokok: pertama, order (pesanan) dari negara berkembang. Kedua, produksi yang mapan. Ketiga, teknologi yang canggih dan memadai.

“Ada rasa optimistis yang tinggi dari para pelaku dunia industri apabila kita menerapkan tiga hal tadi,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Yuliandri menyampaikan kemaren Universitas Andalas berhasil menang di enam zona terkait inovasi tinta Pemilu yang akan digunakan secara massal pada 2024 mendatang.

Disamping itu, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansyarullah juga mengapreasi atas pencapaian Universitas Andalas menjadi rujukan nasional dalam hal kolaborasi hasil riset terkait pengelolaan Gambir di Sumatera Barat.

“Keberhasilan Universitas Andalas juga keberhasilan Sumatera Barat Pak Menteri karena telah banyak melakukan penelitian yang produktif di berbagai bidang,” kata dia. (rdr)

Exit mobile version