Padang Hidupkan Lagi Pelajaran Minangkabau di Sekolah

Kemajuan teknologi hampir mengikis nilai dan norma yang tidak tertulis bagi anak-anak

Rumah Gadang. (Foto: Dok. Istimewa)

Rumah Gadang. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Padang segera menghidupkan lagi mata pelajaran Minangkabau di sekolah.

Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mensosialisasikan muatan lokal Keminangkabauan kepada ratusan guru di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

“Kita semua tahu kemajuan teknologi hampir mengikis nilai dan norma yang tidak tertulis bagi anak-anak. Maka dari itu, dengan program muatan lokal keminangkabauan ini, kami berusaha kembali memunculkan nilai adat dan budaya itu kepada generasi muda,” kata Asisten I Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Padang, Edi Hasymi.

Edi meminta penyusunan kurikulum muatan lokal Minangkabau bisa dipercepat demi mengimplementasikan falsafah Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Padang, Yopi Krislova mengatakan, sosialisasi tersebut bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait penguatan dalam membentu karakter generasi muda.

“Tidak sedikit siswa kita yang kurang peduli dengan kebudayaan kita. Tapi syukurnya, beberapa sekolah sekarang sudah menerapkan berpantun, makan bajamba, hingga petatah petitih dalam herbagai kegiatan,” imbuhnya. (rdr/mc)

Exit mobile version