Hadapi Kabut Asap, Srikandi Kebencanaan Padang Sebar Ribuan Masker ke Pelajar

Kualitas udara di Kota Padang makin mengkhawatirkan. Masyarakat diimbau gunakan masker ketika beraktivitas di ruang terbuka.

Pembagian masker kepada pelajar oleh Srikandi Relawan Kebencanaan Padang. (Foto: Dok. Istimewa)

Pembagian masker kepada pelajar oleh Srikandi Relawan Kebencanaan Padang. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COMKabut asap yang melanda kawasan Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) membuat insan kebencanaan yang mengatasnamakan Srikandi Relawan Kebencanaan Padang turun ke jalan.

Kelompok kebencanaan dari kalangan emak-emak tersebut mengeklaim telah menyebar ribuan masker kepada para pelajar Sekolah Dasar (SD) di kawasan Alang Laweh, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

“Masker ini kami berikan sebagai bentuk kepedulian kami, khususnya kepada pelajar dari kabut asap yang terjadi belakangan ini,” kata Koordinator Srikandi Relawan kebencanaan Kota Padang, Dewi Suryani, Senin (18/9/2023).

Dewi mengatakan, fokus pertama pihaknya adalah kepada para pelajar SD di tengah kota karena aktivitas mereka yang rawan terpapar dengan kondisi tubuh lemah.

“Total ada 1.500 masker yang kami sebar, kemungkinan ini juga akan berlanjut, setelah pelajar baru kami arahkan kepada masyarakat umum,” katanya.

Sebagaimana diketahui, kualitas udara di Kota Padang makin mengkhawatirkan. Masyarakat diimbau gunakan masker ketika beraktivitas di ruang terbuka.

Pantauan stasiun Air Quality Monitoring System (AQMS), kualitas udara di Kota Padang berada di angka 67 pada Senin (18/9/2023) atau sedang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Andree Harmadi Algamar mengimbau warganya untuk menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah.

Bahkan, ia mengeklaim bahwa Pemerintah Kota (Pemko) Padang telah mengeluarkan surat edaran kepada Camat untuk meminta warga tidak membakar sampah.

“Dan juga kami imbau (ketika beraktivitas) di luar ruangan memakai masker,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version