Pemko Padang Sediakan 500 Vaksin Rabies Gratis untuk Hewan Peliharaan Masyarakat

Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Padang Sovia Hariani. (Foto: Dok. Diskominfo Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kota Padang melalui dinas pertanian akan menyediakan 500 vaksin rabies gratis bagi masyarakat yang memelihara hewan peliharaan.

Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian Padang Sovia Hariani mengatakan vaksin gratis ini diberikan untuk menekan angka kasus penyakit rabies di Kota Padang.

Selain itu, untuk mengantisipasi kasus gigitan hewan seperti anjing liar yang terkena rabies dan dapat menular kepada manusia.

“Kita akan gelar vaksin rabies di Kapalokoto, Binuang Dalam, Pisang, Pauh,” ujar Sovia Hariani, Selasa (26/9/2023).

Sovia Hariani mengatakan, vaksin rabies akan dilakukan di kelurahan Kapolokoto, Binuang Dalam, dan Pisang, Kecamatan Pauh Kota Padang pada Rabu (27/9/2023).

Ia menambahkan vaksin rabies ini diperuntukan untuk kucing, anjing dan kera untuk antisipasi kasus gigitan hewan yang terkena rabies kepada manusia.

“Untuk itu kami gencarkan pemberian vaksin rabies ini,” jelasnya.

Ia mengimbau, masyarakat yang memiliki hewan peliharaan bisa mendatangi lokasi vaksin rabies dengan membawa hewan peliharaan mereka untuk disuntik dengan vaksin rabies.

Selain itu, ia juga menghimbau masyarakat agar mengikat hewan peliharaan, agar kejadian anjing menggigit orang tidak kembali terjadi. (rdr/mc)

Exit mobile version