Rutan Padang Bekali Warga Binaan dengan Ilmu Agama, Ini Tujuannya

Pemahaman ilmu agama berperan dalam kepribadian warga binaan ketika kembali di lingkungan masyarakat.

Kerjasama Rutan Kelas IIB Padang dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang. (Foto: Dok. Rutan Padang)

Kerjasama Rutan Kelas IIB Padang dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang. (Foto: Dok. Rutan Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Padang membekali warga binaan mereka dengan ilmu rohani atau agama.

Hal tersebut semakin diperkuat dengan kerjasama yang dilakukan Rutan Padang dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang.

“Kerjasama ini tentunya dimaksudkan agar pemahaman ilmu agama oleh warga binaan semakin meningkat sehingga terciptanya warga binaan yang berakhlak dan berbudi pekerti luhur,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Padang, Muhammad Mehdi, Rabu (27/9/2023).

Mehdi mengatakan, pemahaman dan pembinaan ilmu agama yang maksimal bisa menghasilkan keluaran (output) yang bisa dirasakan langsung oleh warga binaan.

“Dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan program bimbingan mental, rohani dan kepribadian WBP dapat tercapai, sehingga tujuan sistem pemasyarakatan dapat diwujudkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Padang, Edy Oktafiandi mengatakan, pemahaman ilmu agama berperan dalam kepribadian warga binaan ketika kembali di lingkungan masyarakat.

Dengan pemahaman agama yang baik, katanya, tentu dapat menjadi bekali bagi warga binaan agar tidak kembali melanggar hukum.

“Dalam melakukan pembinaan agama di masyarakat adalah tanggung jawab kami, termasuk saudara-saudara kita yang ada di Rutan. Segera akan kami atur jadwal pembinaan dari penyuluh agama kepada WBP agar tersusun rapih,” imbuhnya. (rdr)

Exit mobile version