Rentan Jatuh Sakit, Rutan Padang Cek Kondisi Kesehatan Warga Binaan Lansia

Posyandu rutin bulanan untuk lansia di Rutan Kelas IIB Padang. (Foto: Dok. Rutan Padang)

Posyandu rutin bulanan untuk lansia di Rutan Kelas IIB Padang. (Foto: Dok. Rutan Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Padang yang berusia 60 tahun ke atas disebut-sebut rutin menjalani program Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Kepala Rutan Kelas IIB Padang, Muhammad Mehdi mengatakan, kegiatan rutin yang dilakukan setiap bulan tersebut bertujuan untuk menjaga tahanan lanjut usia (lansia) agar tetap hidup sehat dan produktif meskipun berada di dalam Rutan.

Ia mengatakan, Rutan Padang selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan guna meningkatkan derajat kesehatan WBP khususnya bagi lansia yang lebih rentan terhadap penyakit.

WBP yang berada pada golongan lanjut merupakan salah satu kelompok beresiko dari segi kesehatan karena telah mulainya terjadi penurunan fungsi organ sehingga rentan terkena berbagai penyakit baik menular ataupun tidak.

“Lansia sangat rentan terhadap berbagai penyakit, dengan adanya kegiatan Posyandu Lansia ini dapat memantau secara berkala WBP Lansia yang ada di Rutan Padang, sehingga jika ditemukan ada yang sakit dapat segera dilakukan pengobatan,” katanya.

“Untuk itu, kami melaksanakan program Posyandu Lansia guna memantau dan meningkatkan kualitas kesehatan lansia,” sambung Mehdi.

Kegiatan posyandu kali ini diawali dengan penyuluhan kesehatan oleh Dokter Rutan Padang, dr Jannatus Indra tentang bahaya dan pencegahan penyakit Asam Urat.

Kemudian dilanjutkan dengan pengukuran berat badan, tekanan darah, pemeriksaan kolesterol dan asam urat, konsultasi dan pengobatan oleh Dokter dan diakhiri dengan pemberian makanan tambahan berupa roti dan susu. (rdr)

Exit mobile version