Pemko Padang Targetkan Akhir 2023 Seluruh RW Punya Bank Sampah

Wali Kota Padang, Hendri Septa. (Foto: Dok. Radarsumbar.com/Muhammad Aidil)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Wali Kota Padang Hendri Septa menargetkan seluruh RW di Kota Padang sudah memiliki Bank Sampah pada akhir tahun 2023 ini. Untuk itu ia meminta kepada seluruh ketua RW agar segera membangun Bank Sampah di lingkungan masing-masing.

Hal itu disampaikan Wako Hendri Septa saat penyerahan dana operasional RT/RW, guru TPQ/TQA dan MDT, imam masjid, kader PAUD, serta kader Posyandu Triwulan III di lingkungan Kecamatan Lubuk Kilangan di Masjid Raya Jabal Rahmah, Indarung, Senin (9/10/2023).

“Pada penyerahan dana RT/RW berikutnya akan kita evaluasi sejauh mana progresnya,” kata Wako Hendri Septa.

Menurut Wako Hendri Septa, jumlah bank sampah di Kota Padang masih minim. Misalnya saja di Kecamatan Lubuk Kilangan baru memiliki 3 bank sampah.

Sementara di Kota Padang terdapat sekitar 887 RW. Maka diharapkan dapat membangun 887 Bank Sampah.

“Nantinya Ketua RW akan menjadi inisiator pembentukan bank sampah tersebut, dan mengajak masyarakat untuk menjadi nasabahnya,” tegas Wako Hendri Septa.

Sementara itu, adapun besaran dana operasional yang diterima yakni Ketua RT sebesar Rp385 ribu per bulan, Ketua RW Rp445 ribu, guru TPQ/TQA dan MDT untuk sertifikasi A Rp650 ribu per bulan, sertifikasi B Rp500 ribu dan sertifikasi C Rp400 ribu.

Selanjutnya, imam masjid Rp180 ribu per bulan, Kader Posyandu Rp100 ribu dan Kader PAUD Rp50 ribu per bulan. (rdr/mc)

Exit mobile version