Bawaslu Padang Dorong Partisipasi Pemilih Disabilitas dalam Pengawasan Pemilu 2024

Bawaslu Padang mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan bagi penyandang disabilitas di Kawana Hotel Padang, Kamis (23/11/2023). (Foto: Dok. Diskominfo Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang menggelar kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif bagi penyandang disabilitas di Padang pada Kamis (23/11/2023) di Kawana Hotel Padang.

Anggota Bawaslu Kota Padang, Afriszal mengatakan kegiatan ini menjadi momentum penting dalam meneguhkan komitmen untuk mewujudkan pemilihan umum yang inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat.

“Artinya Bawaslu Kota Padang ingin memastikan bahwa setiap warga negara Indonesia memiliki kesempatan yang setara untuk berpartisipasi dalam pemilihan umum,” ujarnya.

Menurutnya, dalam atmosfer yang penuh semangat dan kolaboratif, mereka tidak hanya menyuarakan pentingnya keterlibatan mereka dalam proses demokrasi, tetapi juga memberikan gagasan-gagasan kritis terkait strategi pengawasan yang lebih inklusif.

Pada sesi interaktif, para peserta mendiskusikan tantangan yang dihadapi oleh penyandang disabilitas selama proses pemilu dan mengeksplorasi solusi-solusi yang bisa diterapkan untuk memastikan hak suara mereka tetap diakomodasi dengan baik.

Afriszal mengungkapkan, bahwa kehadiran aktif para penyandang disabilitas dalam acara ini memberikan dimensi baru dalam upaya mengukuhkan integritas pemilu secara keseluruhan.

“Langkah ini merupakan langkah signifikan dalam membangun kesadaran akan kebutuhan akan proses pemilu yang lebih inklusif dan berkeadilan,” ujarnya. (rdr/mc)

Exit mobile version