Padang Raih Penghargaan Kota Sehat, Sempat Absen 6 Tahun

Pemko Padang menerima dua penghargaan kota sehat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). (Foto: Dok. Prokopim)

Pemko Padang menerima dua penghargaan kota sehat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). (Foto: Dok. Prokopim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) meraih dua penghargaan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), salah satunya kategori kota sehat setelah enam tahun absen.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Padang, dr Sri Kurnia Yati mengatakan, dua penghargaan yang diberikan yakni Swasti Saba kategori Wiwerda dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kategori madya, masing-masing di peringkat dua.

“Penghargaan Swasti Saba adalah penghargaan terhadap dukungan dan keberpihakan pemerintah daerah dan masyarakat dalam urusan kesehatan,” katanya, Rabu (29/11/2023) siang.

“Sementara penghargaan STBM adalah dalam rangka keberhasilan pemerintah daerah dalam perubahan perilaku masyarakat untuk hidup sehat,” sambung perempuan yang akrab disapa Nia itu.

Wakil Wali Kota (Wawako) Padang, Ekos Albar mengapresiasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dan warga Kota Padang atas keberhasilan meraih penghargaan tersebut.

Ekos mengatakan, Kota Padang sudah lama tak meraih penghargaan tersebut, di mana terakhir mendapatkannya pada tahun 2017.

“Alhamdulillah tahun ini berhasil diraih kembali. Semoga di tahun depan Kota Padang berhasil meraih peringkat yang lebih baik. Kami dedikasikan penghargaan ini terkhusus untuk warga Kota Padang,” katanya.

Ekos mengharapkan penghargaan tersebut bisa menjadi motivasi untuk meningkatkan kinerja seluruh instansi di Kota Padang untuk terus meningkatkan kualitas kesehatan warga kota.

“Senang dan bangga boleh. Tapi, penghargaan ini harus disikapi dengan kinerja yang lebih baik lagi di bidang kesehatan Kota Padang. Semoga Dinkes dan seluruh jajarannya bisa menjadi lokomotif peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, khususnya di Kota Padang,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version