Ekos Albar Minta Ormas di Padang Berperan Aktif Jaga Situasi Kondusif Hadapi Pemilu 2024

Ormas merupakan salah satu garda terdepan dalam mewujudkan Pemilu damai tahun 2024 mendatang.

Wakil Wali Kota (Wawako) Padang, Ekos Albar. (Foto: Dok. Prokopim)

Wakil Wali Kota (Wawako) Padang Ekos Albar. (Foto: Dok. Prokopim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Padang mengharapkan dukungan dan kerjasama organisasi kemasyarakatan (Ormas) untuk menjaga situasi yang kondusif, aman dan tertib jelang pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota (Wawako) Padang sisa masa jabatan 2018-2023, Ekos Albar saat membuka kegiatan pemberdayaan dan pengawasan bagi organisasi masyarakat (Ormas) di lingkungan Kecamatan Padang Selatan dan Padang Timur, Sabtu (2/12/2023) pagi.

“Sebagai mitra pemerintah, kami mengharapkan peran aktif dari Ormas di Kota Padang untuk bersama-sama menjaga dan mengawasi pelaksanaan Pemilu sesuai dengan kapasitas masing-masing, karena menjaga kebersamaan dan ketertiban itu adalah tanggung jawab semua warga kota,” katanya.

Sebagai wadah dalam menjalankan kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat, kata Ekos, Ormas merupakan salah satu garda terdepan dalam mewujudkan Pemilu damai tahun 2024 mendatang.

“Ormas merupakan organisasi yang didirikan dan dibentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, kegiatan, dan tujuan. Sinergitas Ormas bersama jajaran pemerintahan dan seluruh komponen masyarakat, diharapkan mampu menjadi bagian dari solusi permasalahan yang timbul dalam masyarakat,” kata Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Padang, Tarmizi Ismail mengatakan, melalui kegiatan ini ormas diharapkan dapat berperan aktif dalam menjaga situasi pada pelaksanaan Pemilu serentak 2024, khususnya di Kota Padang.

“Kegiatan pemberdayaan dan pengawasan bagi Ormas ini harus bisa memperkuat peran dan partisipasi Ormas di tengah-tengah masyarakat. Apalagi tidak lama lagi kita akan menghadapi Pemilu 2024. Ormas sangat diharapkan perannya dalam membantu terciptanya situasi yang kondusif dalam penyelenggaraan pesta demokrasi ini,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version