Pemko Padang Klaim 450 Ruang Kelas Baru Selesai Dibangun

Ilustrasi pelajar Sekolah Dasar (SD). (Foto: Dok. Prokopim Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Wali Kota Padang sisa masa jabatan 2018-2023, Hendri Septa mengatakan, sebanyak 450 ruang kelas baru (RKB) Sekolah Dasar Negeri (SDN) telah selesai dibangun di daerah itu.

Terbaru, kata Hendri Septa, sebanyak 12 RKB sudah selesai dibangun di SDN 17 Mata Air Timur, Kelurahan Mata Air, Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) melengkapi 450 ruang kelas baru dari target 500 RKB yang harus selesai hingga akhir tahun 2023.

“Pembangunan 12 RKB di SDN 17 Mata Air ini merupakan upaya Pemko Padang dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan menunjang optimalisasi proses belajar mengajar bagi peserta didik di Kota Padang,” katanya, Jumat (8/12/2023).

RKB, kata Hendri Septa, merupakan satu dari 11 program unggulan (progul) Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Wawako) Padang yang tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang tahun 2019-2024.

“Hingga saat ini kami akan terus berupaya merealisasikan pembangunan 500 RKB untuk SD dan SMP di Kota Padang. Alhamdulillah hari ini kami meresmikan 12 RKB di SDN 17 Mata Air yang sudah dilengkapi meubilernya,” katanya.

Hendri Septa mengatakan, pembangunan ruang kelas baru ini dapat meningkatkan semangat belajar bagi peserta didik.

“Sehingga akan tercipta para generasi muda Kota Padang yang cerdas dan unggul, selaku calon pemimpin kota dan bangsa di masa depan,” kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Padang itu.

Hendri Septa tidak menampik bahwa pembangunan RKB sempat terkendala karena refocusing atau efisiensi anggaran akibat pandemi Covid-19.

Namun, hingga saat ini pihaknya sudah mampu membangun sebanyak 450 RKB. Sementara sisanya 50 RKB lagi ditargetkan selesai dan diresmikan sebelum akhir tahun 2023.

“Kami menargetkan sampai akhir tahun 2023 ini realisasi pembangunan RKB mencapai 500 RKB atau 100 persen. Saat ini sudah 450 RKB yang selesai dibangun, sisanya 50 RKB lagi akan selesai dan diresmikan dalam waktu dekat,” katanya.

Putra dari Anggota DPR RI periode 2019-2024 asal Sumbar, Asli Chaidir itu mengatakan, penambahan RKB bagi SD dan SMP di Kota Padang merupakan upaya Pemko Padang dalam mewujudkan masyarakat Kota Padang yang madani berbasiskan pendidikan, perdagangan dan pariwisata unggul, serta berdaya saing. (rdr)

Exit mobile version