Miris! Hasil Seleksi Calon Anggota KI Sumbar tak Kunjung Diumumkan

Hingga saat ini, hasil seleksi tersebut tak kunjung diumumkan.

Gedung DPRD Sumbar. (Foto: Dok. Istimewa)

Gedung DPRD Sumbar. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Sekretaris Komisi 1 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat (Sumbar), Rafdinal mendesak pimpinan di lembaga tersebut segera mengumumkan hasil seleksi calon anggota Komisi Informasi (KI) wilayah itu.

Pasalnya, kata Rafdinal, proses seleksi sudah berjalan satu tahun lebih, namun tak kunjung diumumkan oleh pimpinan DPRD Sumbar.

“Tugas kami telah usai, namun mengapa hingga kini Ketua DPRD Sumbar belum kunjung mengumumkan nama-nama itu,” katanya, Selasa (12/12/2023).

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengatakan, proses seleksi yang dilakukan oleh Komisi 1 DPRD Sumbar telah berjalan sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku.

“Kami juga sudah konsultasi dengan KI Pusat. Mereka menegaskan proses fit and proper test di Komisi 1 tidak ada persoalan. Mereka meminta agar pimpinan DPRD Sumbar segera menetapkan nama-nama yang telah diputuskan oleh Komisi 1,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Komisi 1 DPRD Sumbar telah melakukan tahapan fit and propertest kepada 15 orang calon anggota KI Sumbar pada 19 Januari 2023 lalu.

Hasil tersebut kemudian diserahkan kepada Ketua DPRD Sumbar, Supardi, untuk ditetapkan dan diumumkan. Namun, hingga saat ini, hasil seleksi tersebut tak kunjung diumumkan.

Imbasnya, Pemprov Sumbar memperpanjang masa jabatan Komisioner KI Sumbar yang sebelumnya telah habis masa jabatan.

Selain itu, Pemprov Sumbar juga telah menyurati Ketua DPRD Sumbar, Supardi, meminta agar segera mengumumkan hasil seleksi KI Sumbar. (rdr)

Exit mobile version