Presiden Jokowi Resmikan 3 Terminal di Indonesia, Salah Satunya dari Padang

Terminal Anak Air berdiri di atas lahan seluas 2,7 hektare.

Terminal Anak Aia Padang. (Foto: Dok. Istimewa)

Terminal Anak Aia Padang. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tiga terminal angkutan darat yang telah selesai direvitalisasi.

Tiga terminal tersebut berada di Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) dan Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

“Kebutuhan akan fasilitas transportasi darat lebih terasa penting ketika terjadi lonjakan penumpang, seperti Hari Raya Idul Fitri dan akhir tahun,” kata Jokowi, Jumat (15/12/2023) siang.

Presiden mengatakan, terminal angkutan darat dibangun untuk meningkatkan konektivitas antar kota sehingga bisa mendukung mobilitas dan kenyamanan pengguna transportasi.

Jokowi mengatakan, tiga terminal itu yakni Terminal Tingkir (Tipe A) berada di Kota Salatiga, Jateng yang menelan anggaran negara sebesar Rp34,8 miliar.

Terminal tersebut melayani bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dengan estimasi 235 bus masuk dan keluar setiap hari.

Selanjutnya, Terminal Paya Ilang (Tipe A) yang berada di Kabupaten Aceh Tengah, Aceh dengan biaya pembangunan sebesar Rp22 miliar.

Terminal ini berdiri di atas lahan seluas 0,97 hektare dan bisa menampung 91 bus setiap harinya.

Terakhir, Terminal Anak Aie yang berada di Kota Padang, Sumbar. Terminal ini dibangun menggunakan uang negara sebanyak Rp94,8 miliar dan bisa melayani 109 bus per harinya.

Terminal Anak Air berdiri di atas lahan seluas 2,7 hektare.

“Terminal ini terlihat sangat modern yang dilengkapi fasilitas nyaman. Tidak hanya sebagai tempat naik dan turun penumpang, terminal ini memiliki fungsi lain seperti pusat kegiatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), perbelanjaan dan pusat kegiatan sosial lainnya,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version