MURI Berikan Predikat Rekor Dunia untuk Gelaran UNP Basongket

Menurut MURI kegiatan UNP Basongket ini memecahkan rekor dunia.

Rekor MURI untuk Iven UNP Basongket. (dok. istimewa)

Rekor MURI untuk Iven UNP Basongket. (dok. istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Universitas Negeri Padang (UNP) berhasil memecahkan Rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dalam acara UNP basongket yang digelar di depan Auditorium UNP, di Padang, Kamis (14/12/2023) lalu.

Bahkan, menurut MURI kegiatan UNP Basongket ini memecahkan rekor dunia. Rekor dunia ini disambut hangat Rektor UNP Prof. Ganefri. Menurutnya, rekor ini diraih berkat dukungan semua pihak.

“Kami atas nama pimpinan Universitas Negeri Padang, mengapresiasi dan terimakasih yang luar biasa kepada seluruh civitas akademika UNP, dosen, tendik, adik-adik mahasiswa. Dengan dukungan 17.000 civitas akademika UNP,” kata Rektor, Jumat (15/12/2023).

Prof. Ganefri mengatakan, momentum UNP Basongket juga berkaitan dengan Dies Natalis UNP ke-69, Peringatan Hari Dharma Wanita Persatuan RI, serta peringatan Hari Ibu pada 22 Desember mendatang.

Sementara, penggagas UNP Basongket, Prof. Asmar Yulastri mengungkapkan songket telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sebagai warisan budaya tak benda Indonesia pada 2013 silam.

Sehingga, rekor dunia yang diraih merupakan bentuk peran UNP dalam menjaga budaya Indonesia itu.

“Terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung. Songket harus terus kita lestarikan,” ungkap Dekan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan itu.

Diketahui, saat kegiatan pemecahan rekor dunia pada Kamis kenari itu, UNP dan Provinsi Sumatera Barat juga menobatkan Mufidah Jusuf Kalla sebagai Ibu Songket Sumatera Barat. (rdr/MC Padang)

Exit mobile version