Berpotensi Hujan Ekstrem hingga Besok, BPBD Padang Imbau Warga Waspada

BPBD memotong pohon yang tumbang di Padang. (Foto: Dok. Diskominfo Padang)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Badan Penanggulangan Bencana Daerah mengimbau masyarakat untuk waspada bencana terutama saat potensi hujan ekstrem seminggu ke depan.

Sebab sesuai perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada 1-6 Januari 2024 terjadi potensi cuaca ekstrem di Sumbar, termasuk Padang.

Kabid Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Kabid KL) BPBD Kota Padang Al Banna mengingatkan agar warga tetap di rumah, jika tidak ada kepentingan keluar rumah.

“Imbau kepada warga, untuk saat ini tanggal 31 sampai 6 Januari, Kalau tidak urgent, agar di rumah saja,” ujar Al Banna, Kamis (4/1/2024).

Al Banna menambahkan saat cuaca ekstrem waspada potensi bencana angin kencang, disertai petir maupun banjir dan longsor.

Ia juga mengingatkan agar buang sampah pada tempatnya dan perhatian drainase agar tidak terjadi sumbatan.

“Tidak buang sampah sembarangan, buang sampah pada tempatnya, perhatikan saluran air agar tidak ada sumbatan,” tambahnya.

Al Banna memastikan, BPBD Padang selalu siap 24 jam membantu warga yang membutuhkan. Untuk itu, ia meminta warga untuk melapor jika mengalami bencana.

“Kesiapan kita di BPBD tetap siaga 24 jam, menjaga dan membantu masyarakat. Kalau ada bencana, langsung lapor,” katanya. (rdr/mc)

Exit mobile version