Tingkatkan Minat Baca, Seluruh OPD di Padang Didorong Miliki Perpustakaan

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Kadisperpusip) Kota Padang Feri Mulyani. (Foto: Dok. Istimewa)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) warga Kota Padang dari tahun ke tahun, terus menunjukkan tren peningkatan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Kota Padang dr Feri Mulyani menjelaskan, untuk tahun 2023, TGM Kota Padang menduduki peringkat teratas di Provinsi Sumatera Barat dan peringkat 8 secara nasional.

“Tahun ini TGM kita 72, 34, Ini berdasarkan data yang diterbitkan oleh Perpustakaan Nasional 2023,” kata Kadis.

Untuk lebih meningkatkan TGM tersebut, kata Kadis, pihaknya gencar melaksanakan pustaka keliling ke sekolah, pesantren, termasuk pada kegiatan car free day.

“Pada kegiatan Pustaka Keliling, selain membawa buku, kita juga mengadakan story telling, read a load, serta Uda Uni Puspa yang akan bercerita,” tambah Kadis.

Selain itu untuk meningkatkan minat baca, Disperpusip Padang juga workshop tentang menulis, serta lomba pembuatan video pendek.

Sejak akhir tahun 2023, Disperpusip mewajibkan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD), memiliki perpustakaan sendiri, hal ini diperkuat dengan surat edaran Sekda.

‘Hal ini kita lakukan guna mendorong meningkatnya minat baca, sekaligus menambah jumlah judul buku yang tersedia,” ucap Kadis.

Saat ini Disperpusip Kota Padang memiliki 11.300 judul buku.

Jumlah tersebut masih belum mencukupi, atau jumlah tersebut baru masuk akreditasi C pada penilaian.

“Untuk meningkatkan akreditasi, kita minimal harus memiliki 14 ribu judul buku,” terbagi Kadis.

Selain secara fisik, Disperpusip juga memiliki e-book, yang terdapat di Pojok Baca Digital (Pokjadi), Gedung Serbaguna Youth Centre Padang.

“Di Pokjadi tersedia empat uni komputer dan lima unit Tab, yang terkoneksi langsung dengan Perpustakaan Nasional, sehingga warga bisa mengakses jutaan judul buku,” terangnya. (rdr/mc)

Exit mobile version