Diklaim Sukses Atasi Persoalan Sampah, Padang Kembali Gelar Program “Bagoro” di 2024

Program 'Padang Bagoro' telah berjalan dengan cukup efektif.

Wali Kota Padang, Hendri Septa memaparkan program 'Padang Bagoro' yang kembali digelar pada tahun 2024. (Foto: Dok. Prokopim)

Wali Kota Padang, Hendri Septa memaparkan program 'Padang Bagoro' yang kembali digelar pada tahun 2024. (Foto: Dok. Prokopim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Program ‘Padang Bagoro‘ sebagai terobosan Pemerintah Kota (Pemko) Padang untuk menangani persoalan sampah kembali digelar pada tahun 2024.

Program tersebut kembali dilaksanakan untuk menggelorakan semangat bergotong-royong bagi warga Kota Padang.

Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan, kegiatan yang dilakukan setiap sekali dalam sebulan itu dimulai pada tanggal 28 Januari 2024 secara serentak di 11 kecamatan Ibu Kota Sumatera Barat (Sumbar) tersebut.

Hal tersebut disampaikannya saat memimpin rapat koordinasi dan evaluasi Program ‘Padang Bagoro’ di Gedung Bagindo Aziz Chan Youth Center, Senin (15/1/2024) siang.

Hendri Septa mengatakan, sejak diluncurkan pada 17 Juli 2022 lalu, Program ‘Padang Bagoro’ telah berjalan dengan cukup efektif.

“Program ‘Padang Bagoro’ ini sejatinya upaya kami untuk menggerakkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, minimal di lingkungan halaman rumahnya sendiri. In shaa Allah akan menjadikan Padang sebagai kota yang bersih dari sampah dan terjaga keasrian lingkungannya,” kata Hendri Septa.

Program ‘Padang Bogoro’, katanya, juga diyakini menjadi solusi yang tepat dalam mengantisipasi permasalahan sampah di Kota Padang yang mencapai 660 Ton per hari.

“Kami juga berharap bagaimana seluruh warga Kota Padang mampu meminimalisir penggunaan sampah plastik di samping dapat memilah dan juga mengolah sampah menjadi benda yang bernilai. Salah satunya dengan memanfaatkan keberadaan bank sampah per-RW,” kata pria yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Padang tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Fadelan Fitra Masta mengatakan, teknis pelaksanaan program Padang Bagoro di tahun 2024 memiliki nuansa yang sedikit berbeda.

“Untuk pelaksanaan Program Padang Bagoro akan dilakukan setiap sekali sebulan pada hari Minggu mulai pukul 07.00 hingga 10.00 WIB sesuai tanggal yang ditentukan kecuali di bulan Ramadan. Sebagai motivasi akan ada pemberian reward (penghargaan) bagi RT dan RW terbaik sesuai indikator penilaian,” katanya.

Selain itu, katanya, juga ada imbauan partisipasi bagi setiap ASN Pemko Padang untuk wajib membuat postingan keikutsertaan dalam aksi ‘Padang Bagoro’ melalui unggahan foto atau video ke platform media sosial (medsos) seperti, Facebook dan Instagram dengan hashtag #padangbagoro.

“Bagi siswa sekolah se-Kota Padang juga kami minta melakukan hal yang sama,” tuturnya. (rdr)

Exit mobile version