Bantu Masyarakat Dapatkan Dokumen Kependudukan, Disdukcapil Padang Buka Layanan Akhir Pekan

Proses perekaman KTP dilakukan Disdukcapil Padang. (Foto: Dok. Infopublik)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Guna memenuhi kebutuhan dokumen kependudukan terutama terkait dengan KTP elektronik dan Identitas Kependudukan Digital, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang kembali mengadakan pelayanan pada akhir pekan (hari libur).

Kepada Disdukcapil Kota Padang Teddy Antonius menjelaskan, diadakannya pelayanan di akhir pekan ini untuk membantu masyarakat guna mendapatkan dokumen kependudukan.

“Kegiatan kita gelar pada Sabtu dan Minggu, khusus perekaman data untuk pembuatan KTP bagi pemula dan aktivasi IKD,” kata Teddy saat diwawancara Sabtu (3/2/2024).

Upaya ini, kata Teddy, juga sekaligus untuk mengurangi jumlah antrean warga yang ingin mengurus berbagai kebutuhan terkait administrasi kependudukan, di Disdukcapil pada hari kerja.

Langkah ini, kata Teddy juga sebagai antisipasi membeludaknya kunjungan masyarakat ke Disdukcapil, terutama saat tahun ajaran baru dan penerimaan Polisi dan TNI.

Selain membuka pelayanan pada akhir pekan, Disdukcapil Padang juga melakukan upaya jemput bola, dengan mendatangi sekolah-sekolah, instansi pemerintah, swasta, BUMN/BUMD dan komunitas guna melakukan perekaman data untuk selanjutnya menerbitkan KTP bagi warga negara yang sudah berusia 17 tahun.

“Warga Kota Padang juga dapat memanfaatkan website Si Rancak, guna mengurus berbagai kebutuhan Adminduk, tanpa harus datang dan antri ke Disdukcapil, praktis dan bisa dilakukan dimana saja,” pungkas Teddy. (rdr/mc)

Exit mobile version