Guru PPPK di Padang Capai 2.331 Orang, SK Diserahkan April

Kehadiran guru PPPK baik di tingkat SD maupun SMP sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Padang.

Wali Kota Padang, Hendri Septa mengumpulkan 2.331 guru honorer PPPK pada Senin (5/2/2024). Ia menyampaikan bahwa SK guru PPPK tersebut akan diserahkan pada April 2024. (Foto: Dok. Prokopim)

Wali Kota Padang, Hendri Septa mengumpulkan 2.331 guru honorer PPPK pada Senin (5/2/2024). Ia menyampaikan bahwa SK guru PPPK tersebut akan diserahkan pada April 2024. (Foto: Dok. Prokopim)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Sebanyak 2.331 guru honorer di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) segera berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Surat Keputusan (SK) pengangkatan diserahkan bulan April 2024.

Wali Kota Padang, Hendri Septa mengatakan, guru honorer yang diangkat menjadi PPPK itu tersebar untuk tingkat Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD).

“Kehadiran guru PPPK baik di tingkat SD maupun SMP sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Padang,” kata Hendri Septa, Senin (5/2/2024) siang di Masjid Al Khair, Kelurahan Tanah Sirah Piai Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang.

Jika tidak ada aral yang melintang, semua guru PPPK kategori P1 tahun 2021 dan 2023 tersebut akan menerima Surat Keputusan (SK) dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) pada April 2024 ini sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) jalur PPPK.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kota Padang, Yopi Krislova mengatakan, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan berkas SK PPPK bagi guru yang lulus kategori prioritas 1 formasi penerimaan tahun 2021 dan 2023.

“Sekarang kami tengah mengatur penempatannya ke sekolah-sekolah di Kota Padang. In shaa Allah, pada April tahun ini mereka sudah menerima SK sesuai jadwal yang disampaikan Kemenpan RB,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Forum Guru lulus ASN PPPK Kota Padang, Imran, mengungkapkan rasa syukurnya karena para guru lulus PPPK kategori prioritas 1, 2, 3 dan 4 bakal menerima SK sebagai ASN PPPK Pemko Padang.

“Kami sudah lama menunggu bahkan ada yang sampai 30 tahun lebih mengabdi sebagai guru honor di Kota Padang. Alhamdulillah, kami berterima kasih karena telah memperjuangkan nasib kami. Beliau telah telah memasukan formasi guru-guru honor untuk diangkat menjadi ASN PPPK di Pemko Padang,” tuturnya.

Guru PPPK di Kota Padang yang segera menerima SK pengangkatan sebagai PPPK berjumlah 2.331 orang. Rincinya, jumlah prioritas 1 tahun 2021 sebanyak 1.226 orang, prioritas 1 yang mendaftar dan lulus tahun 2023, 1.199 orang, jumlah lulus status prioritas 2 (THK 2) sebanyak 16 orang.

Kemudian, jumlah lulus prioritas 3 atau honor negeri sebanyak 941 orang dan prioritas 4 atau pelamar umum sebanyak 17 orang.  (rdr)

Exit mobile version