Rumah dan Toko Bangunan hingga Tempat Pangkas Rambut Terbakar di Padang, Ini Identitas Pemilik dan Kerugian

api berasal dari atap tempat pangkas rambut.

Petugas memadamkan api di kawasan Tabiang Banda Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang pada Selasa (11/2/2024) siang. (Foto: Dok. Damkar)

Petugas memadamkan api di kawasan Tabiang Banda Gadang, Kecamatan Nanggalo, Kota Padang pada Selasa (11/2/2024) siang. (Foto: Dok. Damkar)

PADANG, RADARSUMBAR.COM – Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) di tengah cuaca panas terik yang terjadi belakangan ini.

Terbaru, tiga bangunan hangus terbakar di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) yang terdiri dari rumah, toko bangunan hingga tempat pangkas rambut ludes dilahap api.

Peristiwa tersebut dilaporkan terjadi pada Selasa (13/2/2023) ke Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Padang pada pukul 13.37 WIB.

“Ada tiga bangunan terbakar. Peristiwa itu terjadi di Kompleks Griya Kubu Utama, Kelurahan Tabiang Banda Gadang, Kecamatan Nanggalo,” kata Kepala Bidang Operasi (Kabid Ops) dan Sarana Prasarana (Sarpras) Dinas Damkar Kota Padang, Sutan Hendra.

Berdasarkan keterangan saksi bernama Khaidir (61), kata Sutan Hendra, api berasal dari atap tempat pangkas rambut.

“Api pun merambat ke bangunan terdekat atau yang ada di sekitarnya, yakni rumah dan toko bangunan. Saksi menghubungi kami untuk meminta bantuan pemadaman,” katanya.

Dari data yang berhasil dihimpun, pemilik rumah dan toko bangunan bernama Andes Betri (40) dan pemilik pangkas rambut bernama In (45).

“Kami mengerahkan enam armada dengan 30 personel dari Pleton B Dinas Damkar Kota Padang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” kata eks Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik (Kabid KL) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang tersebut.

Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian akibat peristiwa di tengah panas terik itu ditaksir mencapai Rp800 juta.

Dalam tiga hari, sebanyak tiga kebakaran terjadi di Kota Padang. Dua peristiwa sebelumnya terjadi di hari Minggu (11/2/2024).

Lokasi kebakaran berada di kawasan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah dan Kompleks SDN 37 Pegambiran Nan XX yang berada persis di belakang Kantor Camat Lubuk Begalung.

“Kami meminta kewaspadaan masyarakat di tengah cuaca yang terik, suasana Pemilu dan sebentar lagi umat Islam akan memasuki bulan suci Ramadan. Selalu waspada akan potensi atau bahaya kebakaran yang terus mengintai,” imbuh Sutan. (rdr)

Exit mobile version