Bawaslu Pariaman Raih Penghargaan Nasional Keterbukaan Informasi

Bawaslu Pariama menerima 15 besar terbaik tingkat Nasional Keterbukaan Informasi Publik. (Foto: Dok. Istimewa)

PARIAMAN, RADARSUMBAR.COM – Bawaslu Kota Pariaman raih penghargaan 15 besar terbaik tingkat Nasional Keterbukaan Informasi Publik dan Terbaik I tingkat Provinsi Sumatera Barat dengan predikat “Informatif”.

Penghargaan diberikan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Data dan Informasi (Penguatan Keamanan Siber dan Keterbukaan Informasi Bawaslu tahun 2024) yang diselenggarakan di Hotel Novotel Tangerang, Banten, (4-6/9/2024).

Acara tersebut dibuka langsung Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Bawaslu Republik Indonesia, Puadi.

Dalam sambutannya Puadi menekankan pentingnya penguatan keamanan siber dan keterbukaan informasi publik Bawaslu. Keamanan siber di lingkungan Bawaslu terutama menjelang Pemilihan Serentak 2024.

“Satu data informasi Bawaslu bisa menjadi solusi untuk meningkatkan keamanan siber. Hal ini didasari banyaknya aplikasi yang dimiliki Bawaslu yang menyebabkan informasi tidak terintegrasi dengan baik. Sehubungan dengan memasuki tahapan kampanye, ini membuat pentingnya perlindungan dan integrasi data, baik data pengawasan, penanganan pelanggaran, maupun sengketa terhubung dengan baik,” ujar Puadi.

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, Vifner menilai Bawaslu Pariaman selalu melakukan usaha maksimal dalam pemenuhan persyaratan penilaian keterbukaan informasi publik Bawaslu Republik Indonesia.

“Ini merupakan hal yang tidak mudah karena Bawaslu Pariaman bersaing dengan 514 Kabupaten/Kota yang ada di Indonesia dan 19 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat,” jelasnya.

Dengan pengelolaan keterbukaan informasi publik yang selalu ditingkatkan dan dapat dibuktikan dengan data dukung yang sesuai dengan syarat penilaian, maka Bawaslu Pariaman di tahun 2024 dalam penilaian ini merupakan Bawaslu Kabupaten/Kota Terbaik 1 Tingkat Sumatera Barat dan 15 besar terbaik secara nasional.

Hal ini merupakan bukti komitmen Bawaslu Pariaman dalam hal memberikan keterbukaan informasi kepada masyarakat dalam memberikan informasi-informasi yang layak dikonsumsi. (rdr/rudi)

Exit mobile version