Pemko Pariaman Berharap CJH Jaga Martabat Bangsa selama di Tanah Suci

Penjabat Wali Kota Pariaman, Sumbar Roberia (kiri) memasang kacu kepada salah seorang calon jamaah haji asal daerah itu pada Rabu (22/5). Antara/HO-Diskominfo Pariaman

PARIAMAN, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman, Sumatera Barat mengharapkan calon jamaah haji (CJH) khususnya asal daerah itu tidak saja fokus untuk melaksanakan berbagai rukun haji namun juga mampu bertindak sebagai duta bangsa dan daerah.

“Saya berharap keberangkatan para CJH dari Pariaman selain fokus melaksanakan berbagai rukun haji namun juga mampu bertindak sebagai duta-duta bangsa dan duta daerah yang berbaur dengan berbagai suku bangsa dan para umat Islam dari seluruh penjuru dunia,” kata Penjabat Wali Kota Pariaman Roberia di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan CJH asal Indonesia khususnya asal daerah itu harus memelihara dan menjaga martabat bangsa serta menghormati tradisi yang dimiliki oleh bangsa lain.

Ia minta CJH menjaga kebersamaan dan perilaku serta tidak membuat masalah sekecil apapun agar ibadah haji berjalan aman dan lancar serta tidak merusak nama baik bangsa dan daerah.

Roberia juga meminta CJH untuk selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para medis yang bertugas apabila selama melaksanakan ibadah haji kesehatan terganggu.

“Jangan paksakan diri dalam melakukan ibadah maupun kegiatan yang menguras energi terlalu banyak,” katanya.

Diketahui sebanyak 107 orang CJH asal Pariaman masuk ke dalam kloter 13 yang akan diberangkatkan pada 27 Mei.

Pelepasan CJH dari Pariaman yang terdiri dari 45 pria dan 63 perempuan tersebut dilakukan oleh Pemkot Pariaman pada Rabu (22/5).

Ratusan CJH tersebut dijadwalkan akan diberangkatkan menggunakan bus yang disediakan oleh Pemkot Pariaman ke Asrama Haji Padang pada Minggu (26/5)

Diketahui CJH tertua asal daerah itu berusia 85 tahun sedangkan CJH termuda berusia 19 tahun.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Pariaman, Sumatera Barat menjadwalkan pelepasan calon jamaah haji (CJH) asal daerah itu yang berjumlah 106 orang pada Rabu (22/5).

“Rencananya calon jemaah haji Kota Pariaman akan dilepas secara simbolis oleh Pemko Pariaman di Balairung Rumah Dinas Walikota Pariaman sekitar pukul 09.00 WIB sekaligus pembagian kacu identitas,” kata Kepala Bagian Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Setdako Pariaman Delri Soni di Pariaman.

Hal tersebut ia sampaikan saat Rapat Koordinasi Persiapan Keberangkatan CJH asal Kota Pariaman yang dilaksanakan di Ruang Rapat Walikota Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan Pemko Pariaman menyediakan bus untuk membawa ratusan CJH asal daerah itu ke Asrama Haji Padang pada Minggu (26/5). (rdr/ant)

Exit mobile version