PMI Pasbar Siagakan Puluhan Relawan dan Ambulans di Objek Wisata saat Libur Lebaran

Ketua PMI Pasaman Barat Risnawanto saat melepas relawan PMI yang akan bertugas di objek wisata selama libur Lebaran 2024, Senin (8/4/2024). Antara/HO-PMI Pasaman Barat.

SIMPANGEMPAT, RADARSUMBAR.COM – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), menyiagakan 60 relawan terlatih untuk memberikan layanan selama libur Lebaran 2024.

“Relawan PMI akan bertugas sejak 9 sampai 16 April 2024 di sejumlah lokasi keramaian dan objek wisata yang ada,” kata Kepala Markas PMI Pasaman Barat Rida Warsa di Simpang Empat, Senin.

Ia mengatakan personel itu nantinya akan ditempatkan di Markas PMI dan lokasi wisata mulai dari Pantai Sasak, Mountain View, Olala, Lubuk Landur, Pantai Air Bangis. dan masing-masing lokasi keramaian di setiap PMI Kecamatan.

Selain menurunkan personel, pihaknya juga menyediakan lima unit mobil ambulan dan armada operasional serta peralatan pertolongan pertama.

“Kita siap memberikan layanan kepada masyarakat selama libur Lebaran. Persiapan pelayanan kesiapsiagaan bencana perlu dilakukan sejak awal,” katanya.

Ia berharap semua relawan yang bertugas bisa memberikan yang terbaik dalam misi kemanusiaan dan membantu masyarakat.

Untuk pemenuhan kebutuhan darah pasien selama Lebaran, pihaknya akan tetap berkomunikasi dengan jejaring dan mengaktifkan donor darah on call, sehingga pasien tetap terlayani.

“Kita mengharapkan pengunjung atau perantau yang akan mengunjungi objek wisata di Pasaman Barat agar tetap waspada, karena curah hujan saat ini cukup tinggi dan rawan bencana alam,” ujarnya.

Selain itu kepada pengunjung objek wisata, kata dia, agar tidak malu bertanya kepada petugas yang ada di lokasi wisata tentang daerah-daerah yang rawan dan membahayakan keselamatan.

“Kepada orang tua diharapkan dapat menjaga dan memperhatikan anak-anaknya di objek wisata agar tidak menimbulkan kecelakaan,” harapnya. (rdr/ant)

Exit mobile version