Agar Mampu Bersaing, Pemkab Pasbar Dorong Orangtua Sekolahkan Anaknya Minimal Sarjana

Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto saat menghadiri pengukuhan dan pelepasan Wisuda Kelas XII Angkatan -V Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hadist, Kenagarian Enam Koto, Kecamatan Kinali, Sabtu (11/5/2024). ANTARA/Altas Maulana.

SIMPANGEMPAT, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mendorong orang tua agar menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang yang tinggi minimal sarjana strata 1 agar bisa bersaing di dunia kerja pada masa mendatang.

“Kualitas sumber daya manusia Pasaman Barat masih tergolong rendah. Untuk itu kita selalu mendorong warga agar memperhatikan pendidikan anak-anaknya,” kata Wakil Bupati Pasaman Barat Risnawanto saat menghadiri pengukuhan dan pelepasan Wisuda Kelas XII Angkatan V Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hadist, Kenagarian Enam Koto, Kecamatan Kinali, Sabtu.

Ia mengatakan memiliki pendidikan yang tinggi menjadi hal penting dalam mendukung kualitas pendidikan dan sumber daya manusia (SDM) di Pasaman Barat.

Menurut dia, menuntut ilmu tidak ada batas usia. Warga harus mempunyai ilmu pengetahuan yang tinggi, sehingga harus terus meraih cita-cita agar berguna bagi orang lain dan kehidupan baik dunia maupun akhirat.

Ia menyampaikan kepada para orang tua santri yang hadir untuk memberikan bimbingan, dukungan, dan semangat kepada anak-anak dalam menuntut ilmu hingga perguruan tinggi.

“Beberapa dampak yang diakibatkan dari pendidikan dan SDM yang rendah, yaitu tidak dapat bersaing dengan putra putri daerah dari luar kabupaten, contohnya saja pada saat seleksi CPNS yang di mana yang lulus dalam seleksi tersebut banyak dari luar daerah Pasaman Barat sehingga ini menjadi perhatian semua pihak agar ke depannya kualitas SDM semakin baik,” katanya.

Ia berharap, para santri yang diwisuda maupun santri lainnya untuk terus belajar, bersemangat, dan menghormati serta menjunjung tinggi almamater Darul Hadist sehingga di manapun berada identitas dalam pendidikan yang pernah dilalui menjadi jalan yang baik.

“Selamat dan sukses atas kegiatan pelepasan dan wisuda angkatan ke-5, semoga ke depannya pendidikan agama yang dituntut di pesantren ini bermanfaat bagi kehidupan, bermasyarakat dan bagi orang tua teruslah bimbing anak anak kita untuk menuntut ilmu sampai ke perguruan tinggi dan memiliki generasi muda yang cerdas nantinya,” ujarnya.

Pimpinan Yayasan Darul Hadist Khairul Nasri menyampaikan pengukuhan dan pelepasan wisuda Tahfiz kelas VI/XII angkatan V itu berjumlah 38 santri yang terdiri atas 19 santri laki-laki dan 19 santriwati.

Ia berharap, setelah dikukuhkan dan diwisuda para santri dapat terus belajar karena tidak ada istilah berhenti dalam belajar meraih cita-cita dengan mengejar pendidikan yang lebih baik pada masa yang akan datang.

“Setelah diwisuda nantinya kalian sudah disebut sebagai para alumni Darul Hadist, para santri di sini dibina dengan baik agar menjadi insan yang lebih baik. Sekolah hanyalah tempat untuk menimba ilmu, memperbaiki akhlak dan perilaku, dan tujuan utama dari sekolah ini adalah bagaimana kehidupan ke depan lebih rapi berdasarkan ilmu yang kita miliki,” katanya.

Ia menyampaikan pendidikan tidak cukup hanya di tingkat SLTA, tetapi minimal S1 agar bisa bersaing di dunia kerja, karena dengan pendidikan yang tinggi dapat membantu daerah dan masyarakat untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

“Semoga para santri ini ke depannya lebih maju, memiliki akhlak yang mulia dan terus berupaya konsisten dalam memperbaiki diri demi mencapai hasil yang terbaik,” katanya. (rdr/ant)

Exit mobile version