Polres Pasbar Siapkan Personel untuk Pengamanan PSU DPD

Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto (depan) mengatakan siap mengamankan pelaksanaan pemungutan suara ulang calon DPD. (Antara/Altas Maulana).

SIMPANGEMPAT, RADARSUMBAR.COM – Kepolisian Resor Pasaman Barat, Sumatera Barat siap melaksanakan pengamanan pemungutan suara ulang terhadap calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang akan segera dilakukan.

“Kita sudah siapkan sarana prasarana dan personel untuk pengamanan pemungutan suara ulang calon anggota DPD. Kita siap untuk pengamanan,” kata Kepala Polres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan saat ini pihaknya telah melakukan monitoring di lapangan sampai ke tingkat kepolisian sektor yang ada untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Ada sekitar 900 orang personel yang akan mengamankan pemungutan suara ulang di 1. 286 tempat pemungutan suara di 11 kecamatan,” katanya.

Saat ini pihaknya sedang melakukan rapat koordinasi bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk teknis pendistribusian logistik dan pelaksanaanya.

Sementara itu KPU Pasaman Barat juga memastikan kesiapan jajarannya melaksanakan pemungutan suara ulang calon DPD.

“Kita siap melaksanakan pemungutan suara ulang sesuai petunjuk KPU RI,” kata Ketua KPU Pasaman Barat Alfi Syahrin

Ia mengatakan pemungutan suara ulang itu berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memutuskan untuk dilaksanakan pemungutan suara ulang DPD Sumbar dengan mengikutsertakan satu orang calon lainnya Irman Gusman.

Dimana dalam amar putusannya, MK memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk melakukan pemungutan suara ulang calon DPD Sumbar.

“Hingga saat ini kita masih menunggu arahan dari KPU RI terkait pelaksanaan pemungutan suara ulang termasuk teknis dan anggarannya,” katanya.

Meskipun demikian ia memastikan kesiapan jajarannya dalam melakukan pemungutan suara ulang baik PPK dan PPS.

Daftar pemilih tetap (DPT) pemilu Pasaman Barat pada Pemilu 2024 ada sebanyak 296.254 pemilih yang tersebar pada 1.286 TPS. (rdr/ant)

Exit mobile version