Sosialisasikan Pilkada, KPU Pasaman Barat Gelar Nobar Bersama Santri

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat melakukan sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Pondok Pesantren Buya Ronah Kecamatan Sungai Aur di momen peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2024 dengan menggelar nobar atau nonton bareng (bersama) film "tepatilah janji" yang dibuat KPU RI. (Antara/HO-KPU Pasaman Barat). (Sosialisasi pilkada)

SIMPANGEMPAT, RADARSUMBAR.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat melakukan sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 dengan menggelar nonton bareng bersama santri di Pondok Pesantren Buya Ronah Kecamatan Sungai Aur.

“Sosialisasi itu dalam rangka mengajak masyarakat untuk memberikan suaranya saat pemilihan nanti. Kita mengadakan nobar (nonton bareng) film berjudul ‘Tepatilah Janji’ dengan para santri, Selasa (22/10) malam,” kata Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Pasaman Barat Hafizul Pahmi di Simpang Empat, Rabu.

Ia mengatakan, sosialisasi dengan nobar yang dikaitkan dengan peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2024 itu cukup mendapat perhatian yang terbukti banyaknya santri sebagai pemilih pemula ikut dalam kegiatan tersebut.

“Kegiatan nobar itu memang bagian dari sosialisasi KPU terhadap pemilih pemula. Kami memilih para santri karena bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional,” katanya.

Menurut dia, kegiatan sosialisasi dengan cara nobar akan terus digelar hingga memasuki masa tenang yang dimaksudkan guna mendongkrak angka partisipasi di kalangan pemilih pemula.

Dalam waktu dekat, nobar juga akan kembali digelar pada 28 Oktober 2024 bertepatan dengan Sumpah Pemuda dengan target peserta dari para pelajar dan mahasiswa.

“Nobar akan kembali kita gelar dengan mahasiswa dan pelajar di Pasaman Barat. Untuk tempatnya masih kita koordinasikan,” ujarnya.

Ia menambahkan, film Tepatilah Janji merupakan film yang sengaja dibuat KPU RI untuk memberikan edukasi bagi pemilih, terutama bagi kalangan pemilih pemula.

“Film ini dibuat oleh Sutradara ternama Garin Nugroho serta dibintangi aktris Cut Mini,” katanya.

Pihaknya juga memberdayakan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) untuk menyosialisasikan pilkada ke seluruh sekolah menengah atas sebagai segmen pemilih pemula

“PPK dan PPS bertanggung jawab untuk sosialisasi tiap sekolah yang ada di wilayah kerjanya,” katanya.

Menurut catatan, pilkada Pasaman Barat memiliki daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 311.171 orang di 11 kecamatan yang terdiri dari laki-laki 155.100 orang dan perempuan sebanyak 156.071 orang.

Pilkada tersebut diikuti oleh empat pasangan calon yakni nomor urut 1 Yulianto-M Ihpan, nomor urut 2 Daliyus K-Heri Miheldi, nomor urut 3 Hamsuardi-Kusnadi dan nomor urut 4 Jailani-Syamsul Bahri. (rdr/ant)

Exit mobile version