Geliatkan Ekonomi, Pemkab Pasbar Siapkan 300 Stand Bazaar Gratis

Kegiatan kegiatan itu dimulai sejak 7-14 Januari 2023 dan dipusatkan di halaman kantor bupati setempat hingga di sepanjang jalan protokol 32.

Pemkab Pasaman Barat mulai mendirikan stand bazar dan pasar rakyat di halaman kantor bupati dalam rangka HUT Pasaman Barat pada 2023. (Antara/Altas Maulana).

Pemkab Pasaman Barat mulai mendirikan stand bazar dan pasar rakyat di halaman kantor bupati dalam rangka HUT Pasaman Barat pada 2023. (Antara/Altas Maulana).

PASBAR, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar) melalui Dinas Koperasi dan UKM melaksanakan pameran dan pasar rakyat dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Pasaman Barat ke-19 tahun 2023 dengan menggelar pameran dan bazar dalam rangka menggeliatkan ekonomi para pelaku UMKM di daerah itu.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pasaman Barat Pahrein di Simpang Empat, Kamis, mengatakan kegiatan kegiatan itu dimulai sejak 7-14 Januari 2023 dan dipusatkan di halaman kantor bupati setempat hingga di sepanjang jalan protokol 32.

“Sekitar 300 unit stand disediakan oleh Dinas Koperasi dan UKM secara gratis,” katanya.

Menurutnya pihaknya saat ini tengah mendirikan stand untuk pameran perusahaan swasta serta UMKM yang di bawah binaannya.

Dia menyebutkan lokasi kegiatan itu di halaman kantor bupati ada sebanyak 170 unit yang didirikan itu untuk pameran seperti perusahaan swasta dan juga dinas-dinas terkait seperti Disdukcapil, Perkebunan, Pertanian dan Perikanan serta Dinas Satu Pintu dan Perizinan.

Selain itu, di jalan Protokol 32 mulai dari gerbang kantor bupati hingga Kantor Bapelitbang Daerah juga didirikan stand untuk para pedagang dan UMKM yang nantinya akan menjualkan dagangan dan hasil karyanya.

“Untuk pesertanya kita utamakan para pedagang kita yang lokal dan anggota UMKM binaan kita, tentu tidak tutup kemungkinan tetap akan ada pedagang luar yang datang, akan tetapi lebih di dominasi oleh pedagang lokal,” ujarnya.

Sedangkan untuk di jalan protokol 32 ada sekitar 130 unit stand dengan ukuran 3x 3 meter. Tenda untuk pameran berukuran 5×5 meter.

Dia menjelaskan tujuan kegiatan ini selain untuk memeriahkan HUT Pasaman Barat ke-19 juga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan menggeliatkan para pelaku UMKM.

Sebab, katanya, saat ini UMKM di Pemkab Pasbar sudah lebih dari 25 ribu yang telah memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) yang semua itu diberikan secara gratis dan juga dibantu pengurusannya oleh Dinas Koperasi dan UKM. (rdr/ant)

Exit mobile version