Upaya Peningkatan Produksi Padi, Pemkab Pasbar Siapkan Benih Unggul

Benih padi yang akan diberikan kepada masyarakat berupa benih padi reguler untuk lahan seluas 1.500 hektare dan juga benih padi kaya gizi atau padi biortifikasi ujtuk lahan 750 hektare.

ilustrasi produksi padi. (Dok. Istimewa)

ilustrasi produksi padi. (Dok. Istimewa)

PASBAR, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman Barat (Pasbar) melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura akan memberikan bantuan benih padi sawah bagi petani dalam rangka upaya meningkat produksi padi di daerah itu selama 2023.

“Sudah kita siapkan dengan benih unggul agar hasilnya dapat maksimal tahun ini,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pasaman Barat Doddy San Ismail di Simpang Empat, Jumat.

Diantara benih padi yang akan diberikan kepada masyarakat berupa benih padi reguler untuk lahan seluas 1.500 hektare dan juga benih padi kaya gizi atau padi biortifikasi ujtuk lahan 750 hektare.

Bantuan benih itu akan disebar di sentra padi yang ada seperti di Kecamatan Talamau, Kinali, Ranah Batahan dan Gunung Tuleh.

Menurutnya penyediaan benih unggul dengan kualitas yang sudah terjamin sangat penting mempengaruhi produksi nantinya.

Target yang dicanangkan itu meningkat dibandingkan pada 2022 lalu dimana produksinya padi hanya 49.827 hektare.

“Kita menargetkan produksi padi pada 2023 sebanyak 62.301 ton dengan luas lahan sawah 9.300 hektare,” ujarnya.

Selain memberikan benih, pihaknya juga akan melakukan rehabilitasi irigasi sebanyak 6 paket atau untuk luas 300 hektare, pembangunan jalan usaha tani sebanyak 5 paket sepanjang 5 kilometer dan pembinaan kelembagaan petani oleh 11 BPP Kecamatan.

“Berbagai upaya itu akan kita lakukan sehingga target produksi padi yang ditetapkan dapat tercapai,” katanya.

Ia berharap kepada petani juga terus meningkatkan kemampuan pengetahuan melalui penyuluh yang ada.

“Selain menemui langsung petani kelapangan berupa sekolah lapangan juga penyuluhan terus kita lakukan agar kemampuan petani terus meningkat,” ujarnya. (rdr/ant)

Exit mobile version