Puncak Arus Mudik di Terminal Simpangempat Diperkirakan Terjadi Mulai Besok

Terjadi peningkatan arus mudik di Terminal Simpangempat sejak kemarin

Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat Bakaruddin saat melakukan pengecekan kelaikan angkutan lebaran di Simpang Empat. (Foto: ANTARA)

SIMPANGEMPAT, RADARSUMBAR.COM – Aktivitas Terminal Simpangempat, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mulai meningkat menampung arus mudik Lebaran 2023/Idul Fitri 1444 Hijriah hingga Senin.

“Terjadi peningkatan arus mudik di Terminal Simpangempat sejak kemarin,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat Bakaruddin di Simpang Empat, Senin.

Menurutnya, pihaknya memperkirakan puncak arus mudik di Terminal Simpangempat akan terjadi pada Rabu (19/4/2023) dan Kamis (20/4/2023) nanti sebab pekerja juga sudah libur.

Ia mengimbau kepada jasa angkutan tidak menaikkan harga atau ongkos sembarangan dan mematuhi aturan yang ada sehingga pemudik akan nyaman

Sementara itu Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Pasaman Barat Ade Putra menambahkan jumlah armada yang beroperasi reguler di terminal Simpangempat sebanyak 60 unit, cadangan bus pariwisata 20 unit dan cadangan bus Dinas Perhubungan 10 unit.

“Dari pantauan kami terjadi peningkatan arus mudik. Tercatat 10 unit bus pariwisata membawa pemudik rute Medan, Pekanbaru tujuan Pasaman Barat saat ini,” katanya.

Untuk keamanan pemudik, pihaknya telah melakukan pengecekan angkutan umum di terminal beberapa waktu lalu.

“Ada 15 unit kendaraan yang telah kami cek baru-baru ini. Sebagian bus telah dicek oleh Provinsi. Mudah-mudahan semuanya layak dan tidak ada masalah,” katanya berharap.

Dinas Perhubungan juga menurunkan 50 orang personel untuk bergabung di pos pengamanan dan pelayanan selama Lebaran 2023.

Ia mengatakan personel selain ditempatkan di pos pengamanan dan pos pelayanan juga akan ditempatkan di lokasi persimpangan ramai dan dekat pasar yang berpotensi terjadinya kemacetan.

“Saat ini personel sudah di bagi penempatannya di lima pos pengamanan dan pos pelayanan serta di sejumlah objek wisaya yang ada,” katanya.

Ia mengatakan kelima pos pengamanan yang disiapkan adalah pos pengamanan Sasak, pos pengamanan Pantai Sikabau, pos pengamanan RTH Air Bangis, pos pelayanan Simpang Empat dan pos pelayanan Ujung Gading.

Menurutnya kelima titik pos pengamanan itu merupakan lokasi yang ramai setiap Lebaran tiap tahunnya. Termasuk objek wisata yang ada seperti Pantai Sasak, Pantai Sikabau dan Pantai Air Bangis.

Pos pengamanan itu merupakan lokasi yang ramai setiap Lebaran tiap tahunnya. Termasuk objek wisata yang ada seperti Pantai Sasak, Pantai Sikabau dan Pantai Air Bangis. (rdr/ant)

Exit mobile version