Arus Mudik di Pasbar Mulai Ramai, Aktifitas di Terminal Meningkat

Terjadi peningkatan arus mudik dibandingkan beberapa hari lalu

Arus mudik lintas Simpang Empat Kabupaten Pasaman Barat-Manggopoh mulai meningkat dua hari jelang Lebaran 2023, Kamis. (Foto: ANTARA)

SIMPANGEMPAT, RADARSUMBAR.COM – Arus mudik Lebaran Idul Fitri 2023 di jalan lintas Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat dua hari menjelang perayaan mulai meningkat ramai dan namun masih lancar dibandingkan hari sebelumnya.

“Terjadi peningkatan arus mudik dibandingkan beberapa hari lalu. Kemudian aktifitas di terminal juga meningkat,” kata Kepala Dinas Perhubungan Pasaman Barat Bakaruddin di Simpang Empat, Kamis.

Ia mengatakan untuk moda transportasi angkutan Lebaran mulai meningkat, baik arus dari Pasaman Barat ke luar Pasaman Barat maupun yg datang ke Pasaman Barat.

Perusahaan otobus (PO) ALS hari ini mengangkut penumpang ke luar Pasaman Barat sebanyak dua unit dan bus yang sama hari ini telah menambah dua unit bus sehingga keberangkatan setiap hari dua unit dan tiba dua unit. Biasanya hanya satu unit.

Sementara itu aktifitas PO lainnya terus meningkat baik yang keluar Pasaman Barat maupun yang masuk ke Pasaman Barat.

Pihaknya memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi satu hari menjelang lebaran yang jatuh pada Jumat (21/4/2023) oleh jamaah Muhammadiyah sementara lainnya menunggu hasil isbat pemerintah.

Selain jumlah keberangkatan angkutan umum meningkat, kendaraan pribadi nomor polisi dari luar daerah yang mulai berdatangan dari luar Pasaman Barat.

Menurutnya jalan lintas Pasaman Barat sebenarnya setiap tahun tidak terlalu ramai pemudik dibandingkan jalur lintas lainnya seperti Padang-Bukittingi.

Namun biasanya arus mudik baru meningkat dua hari atau satu hari jelang lebaran.

Ia menyebutkan pada umumnya para pemudik dalam provinsi pulang kampung menggunakan sepeda motor. Menempuh jalur Manggopoh-Simpang Empat.

Pihaknya bersama unsur terkait lainnya tergabung dalam posko keamanan dan pelayanan wilayah tersebut untuk pengamanan perayaan Idul Fitri 1444 H

“Selain memantau arus mudik, kita juga menyiagakan personel di sejumlah objek wisata yang akan ramai dikunjungi pemudik,” katanya. (rdr/ant)

Exit mobile version