Antisipasi Kebakaran, Pemkab Pasbar Minta Warga yang Mudik Lakukan Ini

SIMPANGEMPAT, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mengingatkan warga yang mudik Lebaran 2023 agar tetap mewaspadai terjadinya kebakaran rumah yang ditinggal karena kelalaian sendiri.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran Getri Ardenis di Simpang Empat, Kamis, mengatakan kelalaian pemilik rumah bisa menjadi penyebab terjadinya kebakaran.

Untuk itu, katanya, pihaknya mengimbau kepada warga melakukan sejumlah langkah sebelum mudik meninggalkan rumah.

Pertama, agar memastikan selang kompor gas dicabut, colokan listrik dicabut untuk menghindari aus dan terbakar dan dipastikan barang-barang yang mudah meledak dan atau terbakar dijauhkan dari rumah.

“Langkah itu akan dapat mencegah kebakaran terjadi nantinya,” katanya.

Pihaknya selama libur Lebaran juga menyiagakan anggota pemadam kebakaran untuk memberikan bantuan jika terjadi bencana atau kecelakaan.

“Anggota yang tergabung dalam tim terpadu di pos pengamanan dan pos pelayanan mudik Lebaran bersama instansi lainnya,” katanya.

Pihaknya akan terus meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat atau lembaga pendidikan lainnya terhadap upaya pencegahan kebakaran.

Sebab, katanya, sesuai data tahun 2022 kasus kebakaran mencapai 60 kasus kebakaran.

Pihaknya akan terus menyosialisasikan bahaya kebakaran dan mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap potensi kebakaran. (rdr/ant)

Exit mobile version