Warga Pasbar Curi Motor Emak-emak, Pelaku Ditangkap Hendak Kabur ke Sumut

Pelaku pencurian motor milik seorang warga ditangkap. (Foto: Dok. Polres Pasaman Barat)

SIMPANGEMPAT, RADARSUMBAR.COM – Polisi menangkap seorang pemuda berinisial HN (29) yang diduga kuat terlibat dalam aksi pencurian kendaraan bermotor (curanmor) seorang perempuan paruh baya.

Warga Jorong Kuamang, Kecamatan Ujung Gading, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sumatera Barat (Sumbar) itu ditangkap pada Selasa (4/7/2023) siang.

Pelaku ditangkap polisi saat berada di dermaga Sungai Beremas dan hendak kabur ke Kepulauan Nias, Sumatera Utara (Sumut).

“Pelaku mengambil sepeda motor korban di dalam rumah, saat korban sedang tidak berada di dalam rumahnya dengan mencongkel jendela rumah dengan menggunakan linggis,” kata Kapolres Pasaman, AKBP Agung Basuki via keterangan tertulis, Rabu (5/7/2023) siang.

Agung mengatakan, aksi kejahatan itu menimpa seorang perempuan bernama Hijriah.

Korban kehilangan sepeda motor dengan nomor polisi (nopol) BA 3374 SS miliknya pada hari Sabtu (1/7/2023) pukul 23.00 WIB.

“Sepeda motor milik korban itu berada di dalam rumah dengan kondisi kunci sepeda motor berada di dalam lemari korban,” katanya.

Selain itu, dua laptop, celengan berisi uang di lemari baju rumah korban, serta Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) motor korban raib diambil pelaku pengangguran tersebut.

“Pengungkapan ini merupakan atensi kami terkait maraknya kejadian curanmor yang banyak meresahkan masyarakat, sehingga perlu diungkap,” katanya.

Hasil interogasi, pelaku HN telah banyak melakukan tindak pidana pencurian spesialis rumah kosong dengan memantau penghuni tidak berada di dalam rumah, serta pencurian emas sebanyak 32 emas.

“Pelaku merupakan aktor utama yang menggondol emas seberat 32 emas milik saudara Asra Bilhuda dengan total kerugian Rp60 juta rupiah pada tahun lalu. Saat ini, pelaku sudah kami tangkap,” katanya.

Agung meminta masyarakat agar tetap waspada dalam menjaga kendaraan bermotor dengan menggunakan kunci ganda serta mengunci rumah apabila hendak bepergian.

“Mari kita lebih peduli dengan keamanan lingkungan di wilayah masing-masing dengan mengaktifkan kembali siskamling dan pos ronda. Hal ini penting dilakukan dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat setempat,” tutur eks Koordinator Sekretaris Pribadi Pimpinan (Koorspripim) Kapolda Sumbar tersebut. (rdr-008)

Exit mobile version