Pemkab Pasbar Edukasi Masyarakat terkait Pangan Bergizi

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat melakukan sosialisasi dan edukasi konsumsi pangan beragam bergizi, seimbang dan aman di Masjid Babussalam Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Rabu (29/11/2023). Antara/Altas Maulana.

SIMPANGEMPAT, RADARSUMBAR.COM – Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan melakukan sosialisasi dan edukasi konsumsi pangan beragam bergizi, seimbang dan aman di Masjid Babussalam Nagari (desa) Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Rabu.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Pasaman Barat Titi Hamsuardi di Simpang Empat, Rabu, mengatakan ketersediaan pangan yang cukup belum tentu dapat menjamin terhindarkan masyarakat dari masalah pangan dan gizi.

Hal itu, katanya, dapat dilihat dari aspek pola konsumsi pangan rumah tangga. Salah satunya melalui makanan yang dikonsumsi dengan memenuhi prinsip beragam, bergizi, seimbang dan aman.

“Untuk itu kepada seluruh kelompok dasawisma dan masyarakat pada umumnya mari ikut mendukung 10 program pokok PKK. Salah satunya adalah program pangan karena pangan merupakan kebutuhan dasar hak asasi manusia yang harus dipenuhi,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa konsumsi pangan merupakan tanggung jawab ibu rumah tangga sebagai garda terdepan dalam pemenuhan kebutuhan gizi yang seimbang.

“Mari kita konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman menuju generasi emas 2045. Agar hidup kita sehat aktif dan produktif,” himbaunya.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Pasaman Barat Ekadiana Oktavia mengatakan bahwa pemenuhan pangan yang berkualitas dan sesuai dengan kecukupan gizi merupakan komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.

“Pada kesempatan ini Badan Pangan Nasional melalui Direktorat Penganekaragaman Konsumsi Pangan berkolaborasi bersama Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Ketahanan Pangan Pasaman Barat dan TP-PKK Nagari Koto Baru untuk melaksanakan kegiatan pengembangan desa, salah satunya melalui rumah pangan dengan sosialisasi dan edukasi serta pemberian makanan menu beragam bergizi, seimbang dan aman,” katanya.

Ia berharap kegiatan dapat terintegrasi dengan baik agar program tersebut dapat meningkatkan kualitas konsumsi pangan masyarakat dan menekan angka stunting di Pasaman Barat khususnya Nagari Koto Baru.

Selain itu pejabat Wali Nagari (kepala desa) Koto Baru Samsul Bahri mengucapkan terima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan Pasaman Barat yang telah memberikan kepercayaan kepada TP-PKK Nagari Koto Baru sebagai pelaksana kegiatan desa beragam bergizi, seimbang dan aman tahun 2023.

“Kami merasa sangat berterima kasih sekali karena dari 90 Nagari yang ada di Pasaman Barat kami dipercaya dalam pelaksanaan kegiatan ini. Kami berharap kegiatan ini dapat mendorong masyarakat menerapkan pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman di Nagari Koto Baru sehingga masyarakat kami dapat hidup sehat aktif dan produktif,” katanya. (rdr/ant)

Exit mobile version