Polres Sawahlunto Kerahkan Personel Amankan Rumah Warga Ditinggal Mudik

Kapolsek Sawahlunto Kota AKP. Marwan memberi arahan kepada jajaran personelnya terkait pengamanan libur lebaran Idul Fitri 1445 H. (Antarasumbar/HO-Polsek Sawahlunto)

SAWAHLUNTO, RADARSUMBAR.COM – Polres Sawahlunto, Sumatera Barat menyediakan layanan penitipan kendaraan gratis dan patroli mengamankan rumah kosong yang ditinggal masyarakat untuk mudik Lebaran.

Kapolres Sawahlunto AKBP. Purwanto Hari Subekti melalui Kapolsek Kota Sawahlunto AKP. Marwan, di Sawahlunto, Selasa menyampaikan layanan tersebut untuk mempermudah masyarakat memperoleh akses penitipan kendaraan dan memberi rasa aman pada masyarakat yang meninggalkan rumah selama momen lebaran Idul Fitri 1445 H.

“Kita pahami bahwa masyarakat yang akan meninggalkan rumah dan kendaraannya untuk mudik itu butuh kepastian keamanan. Untuk itu, maka kita menyediakan lokasi untuk penitipan kendaraan, kemudian kita akan patroli ke perumahan-perumahan yang ditinggalkan pemiliknya selama Idul Fitri,” kata dia.

Dijelaskannya, lokasi penitipan kendaraan untuk di wilayah pusat kota yakni disediakan di halaman kantor Polsek Kota Sawahlunto.

“Sementara untuk di wilayah Desa dan Kelurahan lain, itu sudah diarahkan kepada jajaran Bhabinkamtibmas agar bisa membantu mengkoordinasikan lokasi penitipan kendaraan tersebut bersama Kepala Desa/Lurah setempat,” kata dia.

Kemudian terhadap masyarakat yang meninggalkan rumah untuk mudik lebaran, Polres Sawahlunto menghimbau agar sebelum pergi dapat memeriksa kondisi rumah masing-masing tersebut.

“Pastikan rumah sudah dalam keadaan terkunci, sebelum itu cabut seluruh kabel elektronik/stop kontak/kompor gas. Lebih baik juga apabila diberitahu/dititipkan ke tetangga sehingga ada orang terdekat yang bisa membantu memantau kondisi rumah yang ditinggalkan,” katanya. (rdr/ant)

Exit mobile version