Andre Rosiade Wujudkan Sumber Air Bersih Masyarakat Tanjung Bonai Aur Selatan Sijunjung

Apa yang menjadi kebutuhan bagi masyarakat dan nagari silakan sampaikan

Andre Roside menyaksikan hasil dari pembangunan sumur bor di Nagari Tanjung Bonai Aur (TBA) Selatan Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung. (Foto: Dok. Tim AR)

SIJUNJUNG, RADARSUMBAR.COM – Masyarakat di Nagari Tanjung Bonai Aur (TBA) Selatan Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung kini sudah memiliki sumber air bersih. Harapan itu terwujud berkat bantuan program pembangunan sumur bor yang diperjuangkan Andre Rosiade, Anggota DPR RI Komisi VI Dapil Sumbar 1.

Program sumber air bersih itu terealisasi setelah masyarakat mengajukan proposal meminta bantuan karena masih terkendala untuk mendapatkan akses air bersih di daerah itu. Andre Rosiade yang juga putra asli Sijunjung itu membawa program pembangunan sumur bor dengan nilai Rp150 juta.

Pada Senin (11/12/2023), pemanfaatan sumber air bersih di Nagari TBA Selatan, Kecamatan Sumpur Kudus diresmikan. Iqbal Musa, Ketua Kelompok Tani mengucapkan terima kasih atas bantuan Andre Rosiade. Dia juga berharap untuk kebutuhan air bersih di 3 jorong yang belum terakomodir.

“Warga TBA Selatan tidak asing dengan Pak Andre dan Gerindra. Di sini dulu ada yayasan Pak Prabowo yang fokus ke lingkungan. Karena jalur ini bagian dari perjuangan ayahanda Pak Prabowo. Bahkan penetapan hari jadi Kabupaten Swl/Sjj di lokasi ini. Terima kasih sudah membantu kebutuhan dasar. Dan mohon untuk tetap membantu kami,” katanya.

Wali Nagari TBA Selatan Abdul Rahman mengatakan, Andre Rosiade waktu kampanye 2019 pernah ke daerah ini. “Dan setelah dilantik terus berbuat untuk kami. Begitu banyak bantuan yang telah diberikan oleh Pak Andre kepada kami,” katanya.

Andre Rosiade berterima kasih atas sambutan hangat warga TBA Selatan. “Alhamdulillah, sekarang masyarakat sudah memiliki sumber air bersih dan sudah bisa dimanfaatkan. Sekarang hanya tinggal mengalirkan ke rumah-rumah warga,” tutur Andre Rosiade.

Andre Rosiade mengatakan, dirinya berkomitmen untuk mengakomodir kebutuhan pembangunan masyarakat di daerah. “Saya datang ke Sijunjung untuk reses selaku anggota DPR RI, sekaligus pulang kampung. Menyerahkan bantuan dan menampung aspirasi masyarakat,” ujar Putra Tanjung Ampalu, Koto VII tersebut.

Andre Rosiade mengatakan, akan melanjutkan program air bersih di daerah itu. “Program sumber air bersih ini akan kita lanjutkan, karena di nagari ini masih ada tiga jorong lagi yang mebutuhkan. Apa yang menjadi kebutuhan dari masyarakat untuk pembangunan daerah akan kita bantu,” terangnya.

Selain program air bersih, Andre berjanji akan mengupayakan pembangunan fasilitas kesehatan (Faskes) berupa Puskesmas Pembantu di nagari tersebut, dikarenakan jarak yang cukup jauh bagi masyarakat untuk menuju Puskesmas.

“Masyarakat membutuhkan bantuan untuk Puskesmas Pembantu (Pustu). Ini jadi prioritas kita, saya akan segera komunikasi dengan menteri kesehatan, sehingga ini bisa terwujud dalam waktu dekat,” sebut Andre Rosiade.

Kegiatan itu juga dihadiri oleh Camat Sumpur Kudus, Kapolsek, Walinagari, unsur Fokopimcam serta tokoh masyarakat di Nagari Tanjung Bonai Aur Selatan.

Dikatakannya, membangun daerah harus dilakukan bersama-sama. “Pembangunan tidak cukup jika hanya dengan APBD saja. Tadi saya juga meresmikan pasar yang selesai dibangun di Pematang Panjang. Kemudian berdiskusi dengan Bupati Sijunjung, kami membahas percepatan pembangunan Sijunjung. Apa yang jadi kebutuhan daerah, akan kita perjuangkan,” terangnya.

Andre Rosiade juga menegaskan bahwa kunjung kali ini ke Sijunjung bukan untuk berkampanye. “Saya datang saat ini bukan untuk kampanye, melain reses ke Dapil selaku anggota DPR RI, maka dari itu kita tidak mengurus STTP kampanye,” ungkapnya.

Usai meresmikan bantuan sumur bor tersebut, Andre juga menyerap aspirasi masyarakat dan berdialog langsung. “Apa yang menjadi kebutuhan bagi masyarakat dan nagari silakan sampaikan. Kalau itu berupa program, berikan kepada saya proposalnya, nanti akan kita eksekusi,” tambahnya. (rdr)

Exit mobile version