Timnas Indonesia Awali Kualifikasi Piala Asia U-20 dengan Manis, Taklukkan Maladewa 4-0

Meski bermain tanpa gol di babak pertama, anak-anak Garuda Nusantara berhasil mencetak empat gol melalui Aditya Warman, Figo Dennis, Toni Firmansyah, dan Jens Raven di babak kedua.

Bek Timnas U-20 Alfharezzy Buffon melewati pemain Maladewa. (dok. Timnas Indonesia di X)

Bek Timnas U-20 Alfharezzy Buffon melewati pemain Maladewa. (dok. Timnas Indonesia di X)

BOLA, RADARSUMBAR.COM – Timnas Indonesia U-20 menang telak 4-0 atas Maladewa U-20 pada pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, Rabu (25/9/2024) malam.

Meski bermain tanpa gol di babak pertama, anak-anak Garuda Nusantara berhasil mencetak empat gol melalui Aditya Warman, Figo Dennis, Toni Firmansyah, dan Jens Raven di babak kedua.

Pertandingan Timnas Indonesia U-20 vs Maladewa U-20 pada Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2025 digelar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Rabu (25/9/2024).

Timnas Indonesia U-20 sebenarnya berhasil menguasai permainan dan tampil menggempur sejak awal permainan. Namun Indonesia baru bisa menciptakan gol di babak kedua.

Pada menit ketujuh crossing Dony Tri Pamungkas menciptakan ancaman di pertahanan Maladewa. Namun, sontekan Dony Tri sempat gagal ditangkap dengan sempurna oleh kiper Maladewa dan lahirkan sepak pojok.

Dari tendangan pojok itu Indonesia menciptakan peluang emas melalui Alfharezzi Buffon. Namun tembakan Buffon masih melenceng tipis di sisi kiri gawang Maladewa.

Di menit ke-32, Maladewa membahayakan gawang Indonesia melalui tembakan penyerang sekaligus kapten Shanaan Rashaad. Namun tembakan Shanaan bisa diblok kiper Indoensia Ikram Algiffari.

Pada menit ke-40 Indonesia mendapatkan peluang emas yang terbuang sia-sia. Berawal dari penetrasi Jens Raven dari sisi kanan.

Jens kemudian mengirimkan umpan matang kepada M Riski Afrisal yang berdiri depan gawang dan tidak menjadi gol. Hingga babak pertama berakhir tak ada gol yang tercipta. Kedua tim bermain 0-0.

Di awal babak kedua pelatih Timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri memasukkan Muhamad Ragil, Meshaal Hamzah, dan Figo Dennis. Kehadiran ketiganya mampu membawa perubahan pada permainan Indonesia.

Di menit ke-52 akhirnya Indonesia berhasil memecah kebuntuan melalui gol indah Aditya Warman. Aditya menerima umpan pendek dari Dony Tri.

Kemudian, Aditya melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti yang berhasil menjadi gol. Indonesia unggul 1-0 atas Maladewa.

Pada menit ke-55, Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat sontekan Figo Dennis yang meluncur datar yang membuat kiper Maladewa mati langkah. Gol Figo Dennis tercipta berkat assist Dony Tri Pamungkas.

Pada menit ke-57, Indonesia berhasil menambah skor menjadi 3-0 lewat tendangan bebas melengkung yang dilepaskan Toni Firmansyah.

Pada menit ke-66, Indonesia berhasil menambah keunggulan menjadi 4-0 lewat gol Jens Raven dalam situasi sepak pojok.

Di menit ke-80 Toni Firmansyah juga mampu mengancam gawang Maladewa lewat tembakan keras dari luar kotak penalti. Namun tembakan Toni masih melambung tipis di atas mistar gawang lawan.

Pada menit ke-87, Indonesia mengkreasikan ancaman melalui umpan crossing dari Alexandro Felix Kamuru dari sisi kiri. Namun umpan matang Felix gagal disundul Muhammad Ragil.

Di menit ke-90 Jens Raven dapat dua peluang emas. Peluang pertama berkat umpan Figo Dennis, namun umpannya terlalu deras bagi Jens Raven untuk menyambut dan mencetak gol.

Dari situasi ini melahirkan gelombang serangan berikutnya, namun tandukan Jens Raven masih sedikit saja melenceng di sisi kanan gawang Maladewa.

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan tercipta. Indonesia menang besar atas Maladewa dengan skor 4-0 dan menjadi pemuncak klasemen sementara.

Kemenangan ini bisa menjadi modal positif Indonesia untuk menghadapi Timor Leste U-20 pada pertandingan selanjutnya yang digelar di Stadion Madya, Jumat (27/9/2024) mendatang. (rdr/cnn)

Exit mobile version