Menikmati Wisata Kuliner Sawah 9 Tanahdatar, Disuguhi Pemandangan Tiga Gunung di Sumbar

Wisata Kuliner Sawah 9 di Tanahdatar yang berada di sebuah lembah di antara tiga gunung di Sumatera Barat (Antara/Al Fatah)

BATUSANGKAR, RADARSUMBAR.COM – Destinasi wisata kuliner baru dengan pemandangan alam terbaik di antara tiga gunung di Sumatera Barat (Sumbar) kini hadir di sebuah lembah hening dikelilingi sawah dan perkebunan di Kabupaten Tanahdatar.

Di tempat ini, pengunjung disuguhi pemandangan menyejukkan mata dengan hamparan hijau kebun sayur berlatar Gunung Marapi di arah timur, Gunung Singgalang dan Gunung Tandikek di timurnya.

Terletak di Desa Koto Laweh Kecamatan Sepuluh Koto dengan nama unik Sawah 9. Meski berada di pelosok lembah, tempat ini mudah diakses karena berada di jalan lintas Bukittinggi – Padang serta hanya berjarak 5 km dari Kota Padangpanjang.

“Sudah dibuka sejak akhir Idul Fitri 2023 lalu, Sawah 9 berasal dari sembilan lahan sawah yang disulap menjadi wisata kuliner bertema lesehan kampung,” kata pengelola Sawah 9, Uni Riza, Minggu.

Ia mengungkap pemilik Sawah 9 awalnya hanya mendirikan warung kopi dan makanan untuk pemilik kebun dan warga sekitar.

“Tapi semakin ramai dikunjungi orang-orang yang sengaja menikmati pemandangan dan relasi. Dulunya juga ada jalur untuk berburu di tempat ini. Akhirnya dikembangkan dengan nama spesifik Sawah 9,” kata Riza.

Sawah 9 kemudian serius menyediakan kuliner terbaik bagi pengunjung. Mulai dari makanan spesifik pedesaan hingga supermarket mini dan tempat ibadah serta lapangan parkir yang luas.

Pengunjung bahkan bisa ikut memetik sayuran jenis brokoli, terong, lobak, bawang, tomat dan lainnya ketika panen. Menu paling diminati ikan asin sambalado.

“Selanjutnya akan ditambah kebun stroberi di samping lesehan. Ada juga kolam renang bagi pengunjung,” kata Riza.

Salah seorang pengunjung yang datang dari Kota Bukittinggi, Widfa Khadiza mengungkap dirinya datang bersama keluarga setelah lama penasaran melihat postingan di media sosial.

“Pernah melihat di media sosial, lokasinya yang terpelosok di dalam sebuah lembah membuat penasaran. Ternyata akses jalan sangat bagus dengan pemandangan menakjubkan,” katanya.

Ia mengungkap akan berulang ke Sawah 9 karena selain berhawa sejuk cocok untuk menenangkan diri dari kesibukan kerja, menu kuliner juga mendukung selera.

“Cocok untuk penikmat masakan kampung. Jauh dari keramaian betah berlama-lama di sini. Anak-anak juga bebas berlarian karena tempat yang lapang dan nyaman,” katanya. (rdr/ant)

Exit mobile version