54 dari 75 Nagari di Tanahdatar Ikuti Pilwana Serentak

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPPKB) Tanah Datar, Abdurrahman Hadi (Antar/HO).

BATUSANGKAR, RADARSUMBAR.COM – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPPKB) Tanahdatar, Abdurrahman Hadi mengatakan sebanyak 54 nagari dari 75 nagari di kabupaten itu akan mengikuti Pemilihan Wali Nagari (Pilwana) secara serentak yang dilaksanakan pada September 2023 mendatang.

“Terdiri dari 12 Nagari di wilayah hukum Polres Padangpanjang dan 42 Nagari di Kabupaten Tanahdatar,” kata Kepala Dinas PMDPPKB, Abdurahman Hadi di Batusangkar Selasa.

Dia mengatakan untuk jumlah pemilih sementara pada pelaksanaan Pilwana serentak tersebut sebanyak 187.796 orang dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sementara terdiri dari 647 TPS.

Untuk itu menjelang pelaksanaan Pilwana serentak tersebut, pihaknya terus berupaya melakukan persiapan mematangkan pelaksanaan pemilihan tersebut.

Mulai dari Pembentukan Panitia Pemilihan Wali Nagari (PPWN), Pembentukan Panitia Pemilihan Kabupaten, Pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan sebagainya.

“Persiapan pelaksanaan Pilwana serentak secara bertahap terus dimatangkan, mudah-mudahan apa yang direncanakan dapat berjalan dengan sukses sesuai dengan yang diharapkan,” kata dia.

Dia mengatakan pelaksanaan Pilwana serentak di daerah itu dilakukan secara bertahap, untuk tahun ini merupakan yang ke tiga kalinya dilaksanakan Pemerintah Daerah Tanahdatar.

Pilwana serentak yang pertama kali dilaksanakan pada 2017 yang diikuti diikuti 54 nagari, pada 2021 diikuti 21 nagari, dan di tahun 2023 kembali diikuti 54 nagari dari 14 kecamatan di Tanah Datar.

“Diharapkan pelaksanaan untuk pelaksanaan tahun ini berjalan lancar dan lebih baik dari sebelumnya,” kata dia. (rdr/ant)

Exit mobile version